PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KLINIK KECANTIKAN NANISA JOMBANG
Abstract
Kesadaran wanita mengenai kecantikan serta perawatan kulit makin berkembang. Untuk kaum perempuan, kecantikan serta keindahan tubuh dan wajah ialah dambaan serta daya tarik wanita. Fenomena ini menimbulkan terciptanya banyak klinik kecantikan yang memberikan penawaran akan produk serta jasanya guna memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan. Penelitian berikut memiliki tujuan guna melakukan analisa akan pengaruh citra merek dan word of mouth terhadap loyalitas merek pada klinik kecantikan. Jenis penelitiannya ialah penelitian kuantitatif memakai teknik pengambilan sampel yakni non probability sampling, dengan total 110 responden. Responden penelitian merupakan konsumen yang sudah melakukan pembelian produk dan melakukan perawatan di klinik kecantikan Nanisa Jombang. Teknik analisis data melalui kuantitatif memakai statistik deskriptif, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian berikut memperlihatkan bahwasanya citra merek (X1) dan word of mouth (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (Y).
Kata kunci: Citra Merek, Word of Mouth, Loyalitas Merek.
References
Murtiasih S., S. Sucherly., S. Hotniar. 2014. Impact of Country of Origin and Word of Mouth On Brand Equity. Marketing Intelligence & Planning Vol. 32 No. 5. https://www.deepdyve.com/lp/emerald-publishing/impact-of-country-of-origin-and-word-of-mouth-on-brand-equity-R9WSfYK24Z
Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image serta Word of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Loyalty in C ’ Bezt Friedchiken Customers Sub District Genteng , Banyuwangi.1, 269–282.
Pradana, Edwin Putra. 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Brand Loyalty melalui Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa Pengguna T-cash di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB: Universitas Negeri Brawijaya. Vol 6, No 2. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4896/4297
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. 2 ke-13. eds. Adi Maulana and Yayat Sri Hayati. Jakarta: Erlangga.
Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen NPK Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam. ECOBISMA, 6(2), 37–53.
Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (N. Wk (ed.); 1st ed.). ANDI
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 443