PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KLINIK KECANTIKAN NANISA JOMBANG

  • Ririn Asih Pindari Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: citra merek,word of mouth, loyalitas merek

Abstract

Kesadaran wanita mengenai kecantikan serta perawatan kulit makin berkembang. Untuk kaum perempuan, kecantikan serta keindahan tubuh dan wajah ialah dambaan serta daya tarik wanita. Fenomena ini menimbulkan terciptanya banyak klinik kecantikan yang memberikan penawaran akan produk serta jasanya guna memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan. Penelitian berikut memiliki tujuan guna melakukan analisa akan pengaruh citra merek dan word of mouth terhadap loyalitas merek pada klinik kecantikan. Jenis penelitiannya ialah penelitian kuantitatif memakai teknik pengambilan sampel yakni non probability sampling, dengan total 110 responden. Responden penelitian merupakan konsumen yang sudah melakukan pembelian produk dan melakukan perawatan di klinik kecantikan Nanisa Jombang. Teknik analisis data melalui kuantitatif memakai statistik deskriptif, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian berikut memperlihatkan bahwasanya citra merek (X1) dan word of mouth (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (Y).
Kata kunci: Citra Merek, Word of Mouth, Loyalitas Merek.

References

Bastian, Danny Alexander. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2 No. 1 1-9. https://www.neliti.com/publications/140230/analisa-pengaruh-citra-merek-brand-image-dan-

Murtiasih S., S. Sucherly., S. Hotniar. 2014. Impact of Country of Origin and Word of Mouth On Brand Equity. Marketing Intelligence & Planning Vol. 32 No. 5. https://www.deepdyve.com/lp/emerald-publishing/impact-of-country-of-origin-and-word-of-mouth-on-brand-equity-R9WSfYK24Z

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image serta Word of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Loyalty in C ’ Bezt Friedchiken Customers Sub District Genteng , Banyuwangi.1, 269–282.

Pradana, Edwin Putra. 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Brand Loyalty melalui Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa Pengguna T-cash di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB: Universitas Negeri Brawijaya. Vol 6, No 2. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4896/4297

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. 2 ke-13. eds. Adi Maulana and Yayat Sri Hayati. Jakarta: Erlangga.

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen NPK Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam. ECOBISMA, 6(2), 37–53.

Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (N. Wk (ed.); 1st ed.). ANDI

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Published
2021-08-22
How to Cite
Pindari, R., & Harti, H. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KLINIK KECANTIKAN NANISA JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1307-1313. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1307-1313
Section
Article
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 443