PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN KEBUTUHAN POKOK DI NDOMARET JALAN TARUNA NO. 40, SRITANJUNG, WAGE, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN SIDOARJO

  • Putra Arda Widya Utama Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya
Keywords: harga,promosi penjualan, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan yang diterapkan pada penelitian adalah untuk mencari tahu pengaruh harga dan promosi pada keputusan pembelian di Indomaret Jl Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif memakai analisis regresi linier berganda. Nonprobability sampling digunakan untuk Teknik mengambil sampel dan pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian ini jumlah responden sebanyak 98 orang. Sampel yang dipakai adalah konsumen yang melakukan kunjungan dan pembelian produk di Indomaret Jl. Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya harga (X1) dengan cara parsial mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian, sedangkan promosi (X2) dengan parsial mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian (Y), dan kedua variabel tersebut harga dan promosi juga mempunyai pengaruh simultan pada variabel (Y) keputusan pembelian.
Kata Kunci: harga,promosi penjualan, keputusan pembelian

References

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Peforma: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 4.

Dedy Kurniawan, E. W. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Djarum Super Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi, 15, 3.

Elfitri Santi.SE., M. (2014). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV.Jaya Herbal Cabang Padang.

Fredy, Randy Putra Limawan, S. H. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Penerbangan Pada PT.Prima Megah Wisata Medan. Program Studi Manajemen, Universitas Prima Indonesia

Farida, G. P. A. P. I. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HandPhone Merek Blackberry di Semarang.

Muhammad Fakhru Rizky Nst, H. Y. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat beli Perumahan Obama PT.Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, 14, 20.

Nur Achidah, M Mukery Warso, L. B. H. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal)

Nursadiah, S., & Maharani, N. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Jl. Tamansari No.16 Kota Bandung. Prosiding Manajemen, 4(2), 1325-

Priyambodo, G., Prabowo, A., & Farida, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone. Ekonomi.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Stie Semarang, 8(2), 92–121.
Published
2021-06-12
How to Cite
Utama, P., & Marlena, N. (2021). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN KEBUTUHAN POKOK DI NDOMARET JALAN TARUNA NO. 40, SRITANJUNG, WAGE, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1370-1376. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1370-1376
Section
Article
Abstract Views: 295
PDF Downloads: 508