PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN KEBUTUHAN POKOK DI NDOMARET JALAN TARUNA NO. 40, SRITANJUNG, WAGE, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Tujuan yang diterapkan pada penelitian adalah untuk mencari tahu pengaruh harga dan promosi pada keputusan pembelian di Indomaret Jl Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif memakai analisis regresi linier berganda. Nonprobability sampling digunakan untuk Teknik mengambil sampel dan pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian ini jumlah responden sebanyak 98 orang. Sampel yang dipakai adalah konsumen yang melakukan kunjungan dan pembelian produk di Indomaret Jl. Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya harga (X1) dengan cara parsial mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian, sedangkan promosi (X2) dengan parsial mempunyai pengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian (Y), dan kedua variabel tersebut harga dan promosi juga mempunyai pengaruh simultan pada variabel (Y) keputusan pembelian.
Kata Kunci: harga,promosi penjualan, keputusan pembelian
References
Dedy Kurniawan, E. W. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Djarum Super Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi, 15, 3.
Elfitri Santi.SE., M. (2014). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV.Jaya Herbal Cabang Padang.
Fredy, Randy Putra Limawan, S. H. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Penerbangan Pada PT.Prima Megah Wisata Medan. Program Studi Manajemen, Universitas Prima Indonesia
Farida, G. P. A. P. I. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HandPhone Merek Blackberry di Semarang.
Muhammad Fakhru Rizky Nst, H. Y. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat beli Perumahan Obama PT.Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, 14, 20.
Nur Achidah, M Mukery Warso, L. B. H. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal)
Nursadiah, S., & Maharani, N. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Jl. Tamansari No.16 Kota Bandung. Prosiding Manajemen, 4(2), 1325-
Priyambodo, G., Prabowo, A., & Farida, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone. Ekonomi.
Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Stie Semarang, 8(2), 92–121.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 508