PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NEAR EXPIRED KECAP BANGO YANG DI MEDIASI OLEH MINAT BELI (STUDI KASUS DI TRANSMART RUNGKUT SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1492-1500Keywords:
bonus pack; keputusan pembelian; minat beli; price discount.Abstract
Pada persaingan pasar yang sangat kompetitif, produk yang memasuki Near Expired sering dijumpai tidak laku, sehingga diperlukan teknik penjualan yang khusus seperti Price discount dan Bonus pack. Kedua variabel tersebut merupakan rangsangan perusahaan untuk menciptakan minat beli sehingga tercipta pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price discount dan Bonus pack terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh Minat beli. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan 100 sampel dari total populasi sejumlah 150 data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil non signifikan ditemui dalam pengaruh price discount (X1) dengan nilai koefisien regresi 0,271 dan bonus pack (X2) dengan nilai koefisien regresi 0.193 yang dimediasi oleh minat beli terhadap keputusan pembelian (Y) di Transmart Rungkut, Surabaya. Model penelitian ini menemukan bahwa variabel bebas berkontribusi sebesar 20,6% terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi akademisi untuk kepentingan studi maupun praktisi di bidang penjualan ritel sebagai pertimbangan untuk penetapan strategi penjualan.
Kata Kunci: bonus pack; keputusan pembelian; minat beli; price discount.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

