PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK

  • Wulan Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Home Industry merupakan salah satu usaha kecil yang dapat menopang perekonomian bangsa. Orientasi pasar dan kualitas produk memiliki peran yang sangat penting bagi setiap pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh variabel orientasi pasar dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran home industry di Kabupaten Gresik khususnya di desa Banyuwangi Kecamatan Manyar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pengusaha home industry. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner.  Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis berganda yang diolah menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Adapun kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran. dan kedua variabel orientasi pasar dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Kata Kunci: orientasi pasar; kualitas produk; kinerja pemasaran; home industry

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Ukm Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 95–111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keungggulan Bersaing : Studi Kasus Penjualan Komputer.

Ayu Pratiwi, W., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Sales Performance Pada Ikm Batik Gedog Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 681–687.
Dikdik Harjadi, W. H. G. (2020). Analisis Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. JIABI, 4(2).

Harjadi, D. (2020). Market Orientation And Product Innovation To Increase Competitive Advantages And Its Impact On Marketing Performance. AL-AMWAL-Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 12, 12–21. https://doi.org/10.24235/amwal.v1i1.5457

Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh Markett Orientation, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17(7), 51–68.

Hussein, A. S. (2019). Entrepreneurial Market Orientation and Marketing Performance : An Evidence from Malang Soybean Cracker Industry. Jurnal Sosial Humaniora, 75–82.

Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT . Telkom Area Tomohon. EMBA, 6(3), 1568–1577.

Kasmiruddin. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Pengembangan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kerajinan Kecil Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir. Journal Aplikasi Bisnis, 7(1), 27–44. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Muhajir. Hasan, S. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Saluran Distribusi, Orientasi Pasar dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Wilayah .... PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1, 57–65. https://www.jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/84

Musrifah, & Murwatiningsih. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(4).

Ningtyas, H., & Zurika Lubis, H. (2018). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Jumlah Penjualan Pada Pt Fajar Agung Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.30596/jrab.v18i1.2044

Ogi, I., Massie, J., & Lapian, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. BprPrisma Dana Amurang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1330–1339. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.12343

Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Rokhman, M. T. N. (2019). Market Orientation ToImprove Marketing Performance Through The Competitive Advantages Of Batik SMEs. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 489–495. https://doi.org/10.21776/b.jam.2019.017.03.13

Silviasih, S., Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik Ukm Sektor Manufaktur Garmien Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98664.

Suratman, B., Soesatyo, Y., Sulistyowati, R., & Subroto, W. T. (2017). Development Model and Small Medium Industry Strategy in Gerbang Kertosusilo Indonesia. International Review of Management and Marketing, 7(4), 171–179.

Udriyah, Tham, J., & Ferdous Azam, S. M. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantageand business performance of textile smes. Management Science Letters, 9(9), 1419–1428. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.009

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87. https://media.neliti.com/media/publications/149462-ID-pengaruh-orientasi-pasar-inovasi-dan-kre.pdf
Published
2021-08-13
How to Cite
Maulidiyah, W., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1523-1529. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1523-1529
Section
Article
Abstract Views: 355
PDF Downloads: 947