PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Wulan Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1523-1529

Keywords:

orientasi pasar; kualitas produk; kinerja pemasaran; home industry

Abstract

Home Industry merupakan salah satu usaha kecil yang dapat menopang perekonomian bangsa. Orientasi pasar dan kualitas produk memiliki peran yang sangat penting bagi setiap pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh variabel orientasi pasar dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran home industry di Kabupaten Gresik khususnya di desa Banyuwangi Kecamatan Manyar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pengusaha home industry. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner.  Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis berganda yang diolah menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Adapun kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran. dan kedua variabel orientasi pasar dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Kata Kunci: orientasi pasar; kualitas produk; kinerja pemasaran; home industry

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-13

How to Cite

Maulidiyah, W., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1523–1529. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1523-1529

Issue

Section

Article
Abstract views: 488 , PDF Downloads: 1185