PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUDUNG KABUPATEN GRESIK
Abstract
Home Industry merupakan salah satu usaha kecil yang dapat menopang perekonomian bangsa. Orientasi pasar dan kualitas produk memiliki peran yang sangat penting bagi setiap pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh variabel orientasi pasar dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran home industry di Kabupaten Gresik khususnya di desa Banyuwangi Kecamatan Manyar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pengusaha home industry. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis berganda yang diolah menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Adapun kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran. dan kedua variabel orientasi pasar dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci: orientasi pasar; kualitas produk; kinerja pemasaran; home industry
References
Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keungggulan Bersaing : Studi Kasus Penjualan Komputer.
Ayu Pratiwi, W., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Sales Performance Pada Ikm Batik Gedog Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 681–687.
Dikdik Harjadi, W. H. G. (2020). Analisis Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. JIABI, 4(2).
Harjadi, D. (2020). Market Orientation And Product Innovation To Increase Competitive Advantages And Its Impact On Marketing Performance. AL-AMWAL-Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 12, 12–21. https://doi.org/10.24235/amwal.v1i1.5457
Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh Markett Orientation, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17(7), 51–68.
Hussein, A. S. (2019). Entrepreneurial Market Orientation and Marketing Performance : An Evidence from Malang Soybean Cracker Industry. Jurnal Sosial Humaniora, 75–82.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT . Telkom Area Tomohon. EMBA, 6(3), 1568–1577.
Kasmiruddin. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Pengembangan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kerajinan Kecil Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir. Journal Aplikasi Bisnis, 7(1), 27–44. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Muhajir. Hasan, S. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Saluran Distribusi, Orientasi Pasar dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Wilayah .... PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1, 57–65. https://www.jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/84
Musrifah, & Murwatiningsih. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(4).
Ningtyas, H., & Zurika Lubis, H. (2018). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Jumlah Penjualan Pada Pt Fajar Agung Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.30596/jrab.v18i1.2044
Ogi, I., Massie, J., & Lapian, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. BprPrisma Dana Amurang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1330–1339. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.12343
Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rokhman, M. T. N. (2019). Market Orientation ToImprove Marketing Performance Through The Competitive Advantages Of Batik SMEs. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 489–495. https://doi.org/10.21776/b.jam.2019.017.03.13
Silviasih, S., Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik Ukm Sektor Manufaktur Garmien Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98664.
Suratman, B., Soesatyo, Y., Sulistyowati, R., & Subroto, W. T. (2017). Development Model and Small Medium Industry Strategy in Gerbang Kertosusilo Indonesia. International Review of Management and Marketing, 7(4), 171–179.
Udriyah, Tham, J., & Ferdous Azam, S. M. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantageand business performance of textile smes. Management Science Letters, 9(9), 1419–1428. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.009
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87. https://media.neliti.com/media/publications/149462-ID-pengaruh-orientasi-pasar-inovasi-dan-kre.pdf
Copyright (c) 2021 Wulan Maulidiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

