PENGARUH EKUITAS MEREK DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MEREK POLYGON PADA MASYARAKAT KABUPATEN GRESIK
Abstract
Masyarakat pada saat pandemi Covid-19 ini sedang ramai menggunakan sepeda sebagai kebutuhan olahraga. Penelitian ini bermaksud meneliti pengaruh antara ekuitas merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada konsumen sepeda Polygon Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yaitu konsumen sepeda Polygon Gresik. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling 120 responden. Pengumpulan data menggunakan angket online Google Form dengan pengukuran skala likert kemudian diolah dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memiliki hasil ekuitas merek terdapat pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, t-hitung senilai 2,377. Kelompok referensi tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian, t-hitung 1,289. Terdapat pengaruh secara simultan oleh ekuitas merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian, nilai F-hitung 7,343. Ekuitas merek dan kelompok referensi memiliki pengaruh sebesar 11,2% terhadap keputusan pembelian. Peneliti berikutnya khususnya bidang pemasaran dapat menjadikan penelitian ini sebagai literatur untuk melakukan penelitian.
Kata Kunci: ekuitas merek; kelompok referensi; keputusan pembelian
References
Avianti, A. F. (2019). Pengaruh Atmosferik, Kelompok Referensi Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Di Maxx Coffee Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 9 No 3 Tahun 2021P-ISSN 2337-6078 E-ISSN 2723-3901
Bayu, Dimas. (2021). Bersepeda Jadi Aktivitas Andalan Warga selama Pandemi Corona. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/27/bersepeda-jadi-aktivitas-andalan-warga-selama-pandemi-corona. Diakses pada 21 Februari 2021
Devi, H.P. (2019), September. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jafra di Madiun. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 1).
Gunawardane, N.R. (2015). Impact of Brand Equity Towards Purchasing Desition: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka. Journal of Marketing Management, 3(1), pp.100-117. ISSN: 2333-6080(Print), 2333-6099(Online) http://dx.doi.org/10.15640/jmm.v3n1a10
Hadir di Gresik, Rodalink Siap Penuhi Harapan Pesepeda. (2020). https://www.liputan6.com/citizen6/read/4409741/hadir-di-gresik-rodalink-siap-penuhi-harapan-pesepeda. Diakses pada 18 Juli 2021
Hair et al. (2018). Multivariate Data Analysis, Eighth Edition.United State of America: Cengage. ISBN: 978-1-4737-5654-0
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.Alih bahasa: Bob Sabran.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid I. Alih bahasa: Bob Sabran, MM.Jakarta: Erlangga.
Krisdamarjati, Yohanes. (2020). Melacak Tren Perburuan Sepeda.https://interaktif.kompas.id/baca/melacak-tren-perburuan-sepeda/. Diakses pada 23 Februari 2021
Pakpahan, E. & Wibowo, R.A. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Alat Laboratorium dan Reagensia pada PT Rajaerba Indochem Cabang Medan. Journal Economics AndStrategy, 1(1), pp.38-46.
Rahma, M. A. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah: Studi Kasus pada Mahasiswi
Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).Skripsi tidak diterbitkan. http://etheses.uin-malang.ac.id/3529/1/12510154.pdf
Sejarah. (2020).https://www.polygonbikes.com/id/sejarah/. Diakses pada 21 Februari 2021
Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. (2018). Manajemen Pemasaran.Bandung: Indeks Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8
Surucu, L., Yesilada, F. & Maslakci, A. (2020). Purchasing Intention: A Research on Mobile Phone Usage by Young Adults. The Journal of Asian Finance, Economics and Business (JAFEB), 7(8), pp.353-360. Print ISSN: 2288-4637 / Online ISSN 2288-4645 doi:10.13106/jafeb.2020.vol7.no8.353
Toko Sepeda Rodalink Hadir di Gresik. (2020). https://www.rodalink.com/id/blog/toko-sepeda-rodalink-hadir-di-gresik. Diakses pada 18 Juli 2021
Wibowo, A.F. & Riyadi, E.S.H. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang). Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017, ISBN: 978-602-361-067-9
Widarti, Peni. (2020). Rodalink Optimalkan Store Surabaya untuk Wadahi Komunitas Sepeda.https://surabaya.bisnis.com/read/20201201/562/1324580/rodalink-optimalkan-store-surabaya-untuk-wadahi-komunitas-sepeda. Diakses pada 18 Juli 2021
Zahra, N. H., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta DampaknyaPada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Di Rumah Makan Kimbap Rina, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 192-199.
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 9 No 3 Tahun 2021P-ISSN 2337-6078 E-ISSN 2723-39011522
Zahroh, A. and Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI JANJI JIWA DI ROYAL PLAZA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). SSN 2337-6078
Zhafira, A.Y. & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 4(9), pp.1287-1297. ISSN 2614-0365 e-ISSN 2599-087X
Copyright (c) 2022 Agus Kurniawan, Renny Dwijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 687