PENGARUH HARGA, PHYSICAL EVIDENCE, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, physical evidence, dan lokasi taerhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah berkunjung dan membeli di Mie Gacoan Surabaya. Sampel adalah 100 orang yang pernah berkunjung dan membeli di Mie Gacoan Surabaya dengan frekuensi pembelian 2 (dua) kali atau lebih. Teknik pengambilan sampel dengan purpossive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket on line , Analisis data menggunakan analisis deskriptif regresi linear berganda yang diolah dengan software SPSS 16.00. Berdasarkan uji F (bersama-sama) menunjukkan bahwa harga, physical evidence, dan lokasi, secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji-t (parsial), harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 3,063, variabel physical evidence memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,102, dan variabel lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 3,038.
Kata Kunci: harga; physical evidence; lokasi; keputusan pembelian
References
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basuki, Agus Tri, and Nano Prawoto. 2016. Analisis Regresi Dalam Peneltian Ekonomi Dan Bisnis (Diliengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 25.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, Pradana, and Denny Bernardus. “The Effect Of Product Quality, Price, Location, and Promotion on Purchasing Decision of Cafe Consumers and Bledeg Resto In Gresik.” International Conference on Entrepreneurship2018.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Intania, Helena. 2021. “Analisis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Jakarta.” Konferensi Riset Nasional
Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.2: 1457–70.
Kotler, Philip, and Kevin L Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: PT Indeks.
Manggoa, Debi Anastasia. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Ojek Online Grabbike di Kota Kupang).Journal Of Management (SME’s) Vol. 11, No.1.
Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian.Jakarta: Kencana.
Pangemanan, Shane Anneke Ropa, Grace, and Merlin Walukow Ivoletti. “Impact of Products, Prices and Locations on Consumer Purchasing Decisions in Manado’s Boulevart Resto and Café Service Entities.” 2018. https://documentcloud.adobe.com/link/review?uri=urn:aaid:scds:US:6d835900-4ff2-476b-9cf1-9d43e7b2197c.
Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis Dan Mudah Dipahami Untuk Tinkat Pemula Dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media.
Rosita, Rossa Dea. 2020. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram.” Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi21(1): 15–25.
Sara, Fenny May et al. 2017. “Pengaruh Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Café Infinito Culinery Bandung.” Gastronomy Tourism Journal3(2): 6–18.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sopiyan, Pipih, 2019. Pengaruh Strategi Harga Dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 3, No.2. (http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm). ISSN: 2579-9312
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. 2nd ed. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, Dian Novita. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen4(5).
Zeithaml, V.A, D.D Itner, and B. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 Thed. Boston: Mc.Graw-Hill.
Copyright (c) 2021 ANISSAH BALQIS ANGGRAINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 3920