PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT (STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO)

  • Anisa Pamelia Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Pada era mobilitas yang tinggi kebutuhan transportasi sangatlah penting. Dibandingkan dengan angkutan umum, masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi khususnya kendaraan roda dua untuk menunjang aktivitas harian. Selain itu kondisi di Indonesia pada masa sekarang ini sedang dilanda virus Covid-19 yang mana seluruh kegiatan harus dibatasi, seperti terjadi adanya penerapan jaga jarak baik ketika antre ataupun ketika pada angkutan umum. Hal itu juga dapat mengakibatkan masyarakat lebih memilih moda transportasi pribadi khususnya sepeda motor daripada menggunakan angkutan umum. Kendaran pribadi yang diminati oleh masyarakat adalah kendaraan roda dua terutama jenis matic yang mana penggunaan kendaraan tersebut dianggap lebih praktis. PT. Astra Honda Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif yang mana salah satunya memproduksi kendaraan roda dua jenis matic. Menurut penjabaran di atas penelitian berikut bertujuan guna menjelaskan serta melakukan analisa pada pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian Motor Matic Honda BeAT pada warga Perumahan Pesona Permata Ungu. Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 237 orang dan penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 70 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis pada penelitian ini. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,384. Variabel brand image juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,775. Kualitas produk dan brand image bernilai positif, sehingga variabel kualitas produk dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi produsen produk motor matic, untuk referensi pembaca, serta bisa digunakan sebagai titik awal dari pembelajaran selanjutnya.
Kata Kunci: Kualitas Produk; Brand Image; Keputusan Pembelian

Published
2021-08-27
How to Cite
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT (STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1554-1563. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42763
Section
Article
Abstract View: 391
PDF Download: 409