PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT (STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO)

  • Anisa Pamelia Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kualitas produk; brand image; keputusan pembelian

Abstract

Pada era mobilitas yang tinggi kebutuhan transportasi sangatlah penting. Dibandingkan dengan angkutan umum, masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi khususnya kendaraan roda dua untuk menunjang aktivitas harian. Selain itu kondisi di Indonesia pada masa sekarang ini sedang dilanda virus Covid-19 yang mana seluruh kegiatan harus dibatasi, seperti terjadi adanya penerapan jaga jarak baik ketika antre ataupun ketika pada angkutan umum. Hal itu juga dapat mengakibatkan masyarakat lebih memilih moda transportasi pribadi khususnya sepeda motor daripada menggunakan angkutan umum. Kendaran pribadi yang diminati oleh masyarakat adalah kendaraan roda dua terutama jenis matic yang mana penggunaan kendaraan tersebut dianggap lebih praktis. PT. Astra Honda Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif yang mana salah satunya memproduksi kendaraan roda dua jenis matic. Menurut penjabaran di atas penelitian berikut bertujuan guna menjelaskan serta melakukan analisa pada pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian Motor Matic Honda BeAT pada warga Perumahan Pesona Permata Ungu. Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 237 orang dan penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 70 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis pada penelitian ini. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,384. Variabel brand image juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,775. Kualitas produk dan brand image bernilai positif, sehingga variabel kualitas produk dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi produsen produk motor matic, untuk referensi pembaca, serta bisa digunakan sebagai titik awal dari pembelajaran selanjutnya.
Kata Kunci: kualitas produk; brand image; keputusan pembelian

References

Abshor, M. U., Hasiolan, L. B., & Malik, D. (2018). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk torabika duo. Journal Ekonomi Dan Bisnis, 1–15. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1029

Akbar, R., MS, M., & Pandjaitan, D. R. H. (2020). The Mediating Role of Brand Image in the Effect of Sales Promotion, Product Quality, and Celebrity Endorser on Purchase Intention. Journal of University of Shanghai for Science and ..., 22(10), 272–282. http://repository.lppm.unila.ac.id/25750/

Ali,H. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta:CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Bramantya, Y., & Jatra, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3), 255237. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/17379

Chakraborty, S., & Sheppard, L. (2017). An Explanatory study on Indian Young Consumers ’ Luxury Consumption : The Underlying Relationship of Interpersonal Influence , Brand Image , Brand Consciousness and Demographic Compone ... An Explanatory study o n Indian Young Consumers ’ Luxury Consumpti. International Journal of Current Engineering
1562and Technology, 6(September), 622–634. https://tinyurl.com/c6955f5x

Choiriah, E. N., & Liana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Sepeda Motor Honda di Kota Semarang. Proceeding Seminar Nasional Dan Call Dor Papers 2019, September, 236–244. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/madic/article/download/7596/2524

Foster, B. (2017). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023

Https://Www.Topbrand-Award.Com/En/2020/01/Sepeda-Motor-Matic-Fase-1-2020/(Diakses tanggal 10 Januari 2021 jam 21.45)

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2132), 235–238. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35770

Juliana, K. E., Telagawathi, N. L. W. S., & Susila, G. P. A. J. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT. Bisma: Jurnal Manajemen, 5. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/view/21975

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (4th ed.). England:Pearson Education, Inc.

Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran(12 Jilid 1). Jakarta:PT Indeks.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Dictionary of Statistics & Methodology, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Magdalena, M., & Winardi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Roti CV. Rima Bakery di Kota Padang. Jurnal Pundi, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.31575/jp.v4i1.217

Meylano, N. H., Respati, H., & Firdiansjah, A. (2020). The Effect of Confidence through Emotional Branding Honda Motorcycle Customer Satisfaction:A Case Study of Maumere, Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(02), 113–118. https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33720

Muslim, M. (2019). Data AISI Penjualan Motor Selama 2018, Honda Kuasai 74,6 % Market Share !(https://tinyurl.com/zbp9enmhdiakses pada 12 Maret 2021 jam 08.45)

Muslim, M. (2020). Data Penjualan Motor 2019 Dari AISI Untuk Semua Merek. (https://tinyurl.com/4nhepscdiakses pada 12 Maret 2021 jam 08.45)

Nazarani, M. R., & Suparna, G. (2021). The Effect Of Luxury Brand, Brand Image, And Product Quality On Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), 290–295. https://www.ajhssr.com/the-effect-of-luxury-brand-brand-image-and-product-quality-on-purchase-intention/

Nofal, R., Calicioglu, C., & Aljuhmani, H. Y. (2020). The impact of social networking sites advertisement on consumer purchasing decision: The mediating role of brand awareness. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 139–156. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.2.003

Philip, K., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Rosemery, F., Oba, S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Faktor
1563Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Masker Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 337–6078. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36416

Sawaftah, D. A., Çalıcıoğlu, C., & Awadallah, R. I. (2020). The relationship between viral marketing and consumer purchase intention, the moderator role of brand image and age: Evidence from smartphone users in North Cyprus. Management Science Letters, 10(6), 1307–1320. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.11.027


Siregar, I. N. P., & Natalia, E. (2018). Pengaruh Merek Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dvd Player Elecor Pada Pt.Cakrawala Elecorindo Medan. Niagawan, 7(2), 80–89. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10754

Sugiarto, S., & Jumady, E. (2019). Jurnal Manajemen , Bisnis dan Organisasi ( JUMBO ). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(1), 235–247. https://doi.org/10.33772/jumbo.v3i3.11295

Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3 No. 1, 10. https://media.neliti.com/media/publications/75449-ID-pengaruh-kualitas-produk-dan-brand-image.pdf

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Warungasep. (2020). Data AISI Mei 2020, Pertama Kalinya Suzuki Kalahkan Honda dan Yamaha ?(https://tinyurl.com/bsdtxx9fdiakses pada 12 Maret 2021 jam 08.45)
Published
2021-08-27
How to Cite
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT (STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1554-1563. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1554-1563
Section
Article
Abstract Views: 985
PDF Downloads: 941