PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN BEBEK SINJAY BANGKALAN
Abstract
Bebek Sinjay adalah kuliner makanan khas Bangkalan Madura yang memiliki cita rasa khas yang lokal. Strategi perusahaan memanfaatkan promosi yang dilakukan konsumen dan juga adanya kualitas produk. Word of Mouth memiliki dampak besar bagi produk maupun jasa perusahaan karena adanya interaksi seseorang kepada orang lain secara langsung ataupun secara media elektronik. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian, serta mengetahui pengaruh Word of Mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan memiliki sampel sebanyak 210 responden dengan populasi konsumen atau pengunjung Bebek Sinjay Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Word Of Mouth dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan.
Kata Kunci: keputusan pembelian; kualitas produk; word of mouth.
References
Andjarwati, A. L., & Dewi, I. A. S. K. (2017). Analisis Perluasan Lini Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian.Prosiding seminar nasionalAIMI: 58–64.https://repository.unja.ac.id/3829/13/58_64_aimi.pdf
Basri, Nur A’mirah Hassan.,Roslina, Ahmad.,Faiz, I. Anuar.,&Khairul Azam Ismail. (2016). Effect Of Word Of Mouth Communication On Consumer Purchase Decision: Malay Upscale Restaurant. Procedia-Social and Behavioral Sciences222(February 2018): 324-31.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.175.
Fadilah, I. N., Kusniawati, A.,& Kader, M. A. (2021). Pengaruh Reference Group Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 115-125.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/download/4252/3612
Fatlahah, Aniek. (2013). Pengaruh Kualitas ProdukDan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum.Jurnal Ilmu Manajemen 1(2), 472-85.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/download/2974/5818
Fiani, Margaretha., & Edwin, Japarianto. (2012). Analisis Pengaruh Food Quality Dan Brand Image TerhadapKeputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran 1(1), 1-6.http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/download/72/37
Ilaisyah, H.L.,& Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/35770/31814
Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian BasoAci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1), 75-81.https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6437.
Kotler, Philip.& Gerry Armstrong. (2014). Principle Of Marketing.15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.Kotler,Phillip.&Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran.edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta: PT. Indeks.
Kurnianto, W. M., Rosalina, S. S.,& Nurminingsih, N. (2019). Effect of Marketing Mix and Product Quality on Purchase Decision to the Spesial Sb Packaging Beef Meatball through Brand Image and Purchase Intention. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2), 86-96.https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i2.654.
Lee, N. C. (2017). Pengaruh KualitasProduk Dan Periklanan TerhadapKeputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4).https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/viewFile/22289/20429
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Maisam, Shirkhodaie.&Rastgoo-deylami Mahsa. (2016). Positive Word of Mouth Marketing: Explaining the Roles ofValue Congruity and Brand Love. Journal of Competitiveness, Vol. 8, Issue 1, pp. 19-37.https://doi.org/10.7441/joc.2016.01.02.
Malhotra, Naresh K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. 1 ke-4. Jakarta : Indeks.
Mighfar, S., Sukaris, S., Saleh, M., & Dewantoro, A. Q. (2020). The Effect Of Product Quality, Features, Word Of Mouth And E-Commerce On Purchase Decisions. Innovation Research Journal,1(2), 99-104.https://doi.org/10.30587/innovation.v1i2.1924.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/36056/32064
Monica, A., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kue Bay Tat Chanaya DiKota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(2), 174-182.http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/viewFile/19/18
Perkasa, D. H., Suhendar, I. A., Randyantini, V.,& Andrini, E. (2020). The effect of electronic word of mouth (ewom), product quality and price on purchase decisions. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 1(5), 695-706.https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/339/230
Purnama, D. R.,& Khuzaini, K. (2019). Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Wakul Suroboyo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(5), 1-19.http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/2162/2168
Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi word of mouth dan keputusan pembelian batik Bangkalan. Jurnal Aspikom, 3(2), 285-295.http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/viewFile/136/112
Rinadiyana, L. R. Sutarman., Triwardani, D., Badriatin, T.,& Muhammad, M. (2020). The Effect of Product Quality, Price, Place, Strategy Marketing of Purchase Decisions Cibaduyut Shoes. The Mattingley Publishing Co., Inc,8468 –8484.https://www.researchgate.net/profile/Tine-Badriatin/publication/342700848_Scopus_Lucky_-_Tine_8824-Article_Text-15378-1-10-20200521
Saputra, G. W.,& Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7),2596-2620.https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07.
Sari, Hutami Permita. (2014). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Smartphone Samsung Yang Berbasis Android. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume11, Nomor 2, April 2014. ISSN 1693 –7910.https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/download/11743/8427
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1899