PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI JANJI JIWA DI ROYAL PLAZA SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini bisnis kuliner khususnya di bidang minuman jenis kopi sangat menjamur di Indonesia. Tidak terkecuali di Kota Surabaya. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan dan mengkaji pengaruh brand image dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Kopi Janji Jiwa di Royal Plaza Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik penentuan sampel yakni dengan purposive sampling dan melibatkan responden sebanyak 142 orang. Teknik analisis yang dipakai yakni berupa regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel brand image (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang sama juga diperlihatkan oleh variabel gaya hidup (X2). Secara bersamaan, variabel bebas mempengaruhi keputusan pembelian dengan persentase 63,4%. Dari penelitian ini pelaku bisnis diharapkan dapat menilik karakteristik gaya hidup yang bervariasi dari konsumen serta meningkatkan kualitas dan inovasi produk serta citra yang terbentuk untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Brand image, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1278