PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA (Studi Pada Siswa Kelas XII Pemasaran Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo)

  • Azifatul Azifah Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XII program keahlian pemasaran di SMKN 2 BUDURAN. Menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Karakteristik yang digunakan adalah siswa yang sudah melakukan prakerin dan mendapatkan pelajaran pendidikan kewirausahaan dengan nilai KKM minimal 75. Dengan responden seluruh siswa kelas XII program keahlian pemasaran sejumlah 70 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Metode dalam mengumpulkan data melalui angket dan teknik analisis datanya dengan regresi linier ganda. Adapun hasil penelitiannya yakni 1) Pengalaman praktik kerja industri mempengaruhi pada kesiapan melakukan wirausaha, 2) Pendidikan kewirausahaan mempengaruhi pada kesiapan melakukan wirausaha dan 3) Pengalaman praktik kerja industri dan pendidikan kewirausahaan mempengaruhi pada kesiapan melakukan wirausaha.
Kata Kunci : Pengalaman Praktik Kerja Industri, Pendidikan Kewirausahaan, Kesiapan Berwirausaha.

Published
2020-08-31
How to Cite
Azifah, A. (2020). PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA (Studi Pada Siswa Kelas XII Pemasaran Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p
Section
Article
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 161