PENGARUH DISKON DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE GRESS MALL GRESIK

  • Gita Warnerin Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Meningkatnya persaingan bisnis ritel menyebabkan ritel modern terpacu untuk melaksanakan promosi penjualan guna memunculkan perilaku impulse buying konsumen. Impulse buying mampu dipengaruhi dari semua jenis promosi yang dilaksanakan oleh suatu toko ritel diantaranya adalah diskon dan in-store display. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh diskon dan in-store display terhadap impulse buying pada konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik. Populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melaksanakan pembelian pada Matahari Department Store Gress Mall. Jenis penelitian yang dipergunakan yakni penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang dipakai yakni non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah 214 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket online dengan bantuan Google Form, kemudian data diolah dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) variabel diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, (2) variabel in-store display berpengaruh positif terhadap impulse buying. Sedangkan diskon dan in-store display secara simultan berpengaruh positif terhadap impulse buying dengan persentase 42% sedangkan terdapat sisa sebesar 58% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: diskon, in-store display, impulse buying

Published
2020-08-31
How to Cite
Warnerin, G. (2020). PENGARUH DISKON DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE GRESS MALL GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p
Section
Article
Abstract Views: 610
PDF Downloads: 981