PENGARUH DISKON DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE GRESS MALL GRESIK
Abstract
ABSTRAK
Meningkatnya persaingan bisnis ritel menyebabkan ritel modern terpacu untuk melaksanakan promosi penjualan guna memunculkan perilaku impulse buying konsumen. Impulse buying mampu dipengaruhi dari semua jenis promosi yang dilaksanakan oleh suatu toko ritel diantaranya adalah diskon dan in-store display. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh diskon dan in-store display terhadap impulse buying pada konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik. Populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melaksanakan pembelian pada Matahari Department Store Gress Mall. Jenis penelitian yang dipergunakan yakni penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang dipakai yakni non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah 214 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket online dengan bantuan Google Form, kemudian data diolah dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) variabel diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, (2) variabel in-store display berpengaruh positif terhadap impulse buying. Sedangkan diskon dan in-store display secara simultan berpengaruh positif terhadap impulse buying dengan persentase 42% sedangkan terdapat sisa sebesar 58% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: diskon, in-store display, impulse buying
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 981