PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI PELANGGAN MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini yakni, (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis web, (2) menganalisis mengenai kelayakan e-modul berbasis web, dan (3) menganalisis respons peserta didik terhadap e-modul berbasis web. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tetapi penelitian ini berakhir pada tahap develop. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor keseluruhan variabel pada validasi materi yakni 90,6% dengan kriteria sangat layak dan total skor keseluruhan variabel pada validasi media yakni 100% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan total skor keseluruhan variabel pada respons peserta didik memperoleh persentase skor 94% dengan kriteria sangat layak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa e-modul berbasis web layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran komunikasi bisnis.
Kata Kunci: Model Pengembangan, E-Modul, Pembelajaran Berbasis Web, Mengidentifikasi Pelanggan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.