PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI PELANGGAN MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • Habiburrahman Habiburrahman Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini yakni, (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis web, (2) menganalisis mengenai kelayakan e-modul berbasis web, dan (3) menganalisis respons peserta didik terhadap e-modul berbasis web. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tetapi penelitian ini berakhir pada tahap develop. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor keseluruhan variabel pada validasi materi yakni 90,6% dengan kriteria sangat layak dan total skor keseluruhan variabel pada validasi media yakni 100% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan total skor keseluruhan variabel pada respons peserta didik memperoleh persentase skor 94% dengan kriteria sangat layak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa e-modul berbasis web layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran komunikasi bisnis.
Kata Kunci: Model Pengembangan, E-Modul, Pembelajaran Berbasis Web, Mengidentifikasi Pelanggan

Published
2020-08-31
How to Cite
Habiburrahman, H. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI PELANGGAN MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p
Section
Article
Abstract Views: 193