SWOT ANALISIS SEBAGAI PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI MEBEL DI DESA CATAK GAYAM KECAMATAN MOJOWARNO, KABUPATEN JOMBANG

  • Hayiroh Khoirunisak Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian bertujuan merumuskan strategi pemasaran dan memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat untuk mengembalikan Sentra Industri Mebel Kayu Jati Desa Catak Gayam sebagai pusat perdagangan produk mebel di Kabupaten Jombang. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang pemilik usaha mebel dan Kepala Disperindag Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini data yang dikumpulkan yaitu berupa data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Alat analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT. Hasil penelitian rumusan strategi pemasaran yang tepat yaitu strategi jangka pendek dengan memanfaatkan adanya anggaran dari pemerintah untuk melakukan pembenahan pada fasilitas di sentra, strategi jangka menengah dengan memanfaatkan adanya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di Kabupaten Jombang untuk menjalin kerjasama dengan rekan kerja, strategi jangka panjang dengan memanfaatkan pelayanan dari pemilik usaha mebel yang menerima pesanan mebel dalam jumlah banyak dan pembuatan serta pengiriman produk mebel selalu tepat waktu.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT Analisis, Matriks SWOT

Published
2020-08-31
How to Cite
Khoirunisak, H. (2020). SWOT ANALISIS SEBAGAI PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI MEBEL DI DESA CATAK GAYAM KECAMATAN MOJOWARNO, KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p
Section
Article
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 352