PENGARUH HARGA DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Surabaya)

  • Riska Sari Melati Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Kemajuan era teknologi informasi dan komunikasi mendukung cara belanja konsumen yang semakin modern. Hal ini sesuai dengan berbagai kejadian yang ada di masyarakat, salah satunya belanja tradisional yang berubah menjadi belanja online. Banyak faktor pengambilan keputusan pembelian antara lain yaitu harga dan online consumer review. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan online consumer review terhadap keputusan pembelian case handphone pada marketplace Shopee (studi pada mahasiswa Surabaya). Populasi dalam penelitian ini berjumlah infinite. Sampel dalam penelitian berjumlah 210 responden. Variabel bebas terdiri dari harga dan online consumer review sedangkan variabel terikat keputusan pembelian yang diukur menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Online consumer reviews berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, harga dan online consumer reviews berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian case handphone pada Marketplace Shopee (studi pada mahasiswa Surabaya).
Kata Kunci : Harga, online consumer review, keputusan pembelian

Published
2020-08-31
How to Cite
Melati, R. (2020). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p
Section
Article
Abstract Views: 4460
PDF Downloads: 4654