PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI TASIKMALAYA)

Penulis

  • Eline Nuha Nurrohmah Gika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rani Dhever Hani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Daffina Amalia Az Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Auliya Nur Kholishah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syti Sarah Maesaroh Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p18-28

Kata Kunci:

harga, kualitas layanan, kepusan pelanggan, gojek

Abstrak

Perkembangan zaman yang semakin bergerak maju, banyak penemuan, sarana maupun fasilitas yang bisa diimplementasikan oleh sebuah perusahaan dalam marketing atau menarik minat konsumen. Dalam hal ini, manusia dituntut untuk selalu mengikuti keadaan dengan perubahan yang terus berkembang sehingga adanya perubahan perilaku konsumen menjadi serba digital, salah satunya yaitu menggunakan layanan transportasi dan antar kuliner online. Kualitas layanan dan harga adalah dua hal yang sangat menghipnotis kepuasan pelanggan, supaya pihak perusahaan bisa menarik pelanggan untuk memakai jasa yang telah disediakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online GOJEK. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel memakai teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 34 orang dengan menggunakan skala likert. Responden penelitian adalah pengguna aplikasi Gojek yang berdomisili di Tasikmalaya. Instrumen penelitian ini sudah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Pengolahan data memakai software SPSS versi 26 serta menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Variabel harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y) dan variabel harga (X2) mempunyai pengaruh yang lebih dominan.
Kata kunci: harga; kualitas layanan; kepuasan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-05-26

Cara Mengutip

Gika, E. N. N., Hani, R. D., Az Zahra, D. A., Kholishah, A. N., & Maesaroh, S. S. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI TASIKMALAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 18–28. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p18-28

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 456 , PDF Downloads: 802