PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAYANAN JASA ONLINE GOFOOD (Studi Kasus Pada Pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p79-87Keywords:
Promosi, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terkait seringnya konsumen melakukan keputusan pembelian secara online. Persaingan antar perusahaan saat ini semakin ketat dalam mempertahankan konsumen masing-masing. Perusahaan harus mempunyai strategi yang kuat pula dalam menghadapi persaingan bisnis tersebut. Strategi yang kuat pula dalam menghadapi persaingan bisnis. Strategi yang tepat dalam hal tersebut misalnya dengan diterapkannya pemasaran. Adanya promosi yang tepat dan mampu menciptakan kepercayaan, sehingga konsumen mempunyai penilaian baik terhadap perusahaan. Strategi pemasaran itulah nantinya akan membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Permasalahan dalam penulisan ini adakah pengaruh promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada layanan GoFood, adakah pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada layanan GoFood. Adakah pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada layanan GoFood. Manakah dari variabel promosi dan kepercayaan yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian layanan GoFood. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikoliniritas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian GoFood. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian GoFood. Promosi dan kepercayaan secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian GoFood. Terakhir promosi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian GoFood.
Downloads
References
Banjarnahor, A. R., Sudarso, B. P. A., Sahir, S. H., Kato, R. N. M. I., Gandasari, D., Purba, S., Ashoer, M. M., Tjiptado, D. D., Simarmata, H. H. M. P., Berlien, R., & Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Kapriani, & Ibrahim. (2022). Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkir Kirim Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa GrabFood Pada Masa Pandemi. Journal of Management & Business. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2050
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 14). Pearson Education.
Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama.
Lestari. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi Gojek Online di Yogyakarta. Universitas Mercubuana Yogyakarta.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Maesaroh, S., & Kurniati, E. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ilmiah Ekonomi.
Maradat, N. C. R. I. S., Purbawati, D., & Listyorini, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Layanan GoFood Mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2015). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Mufidah, G. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Penggunaan Jasa Ojek Online Terhadap Pembelian Makanan Melalui Fitur Pesan Antar GrabFood Pada Masyarakat DKI Jakarta (Non Kepulauan Seribu) [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10698
Naomi, P. E., Baraba, R., & Saputra, M. H. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.
Nugroho, M. R., & Budiarti, E. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan, E-Service Quality dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi GoFood (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAG Surabaya).
Pradana, A. R., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). The Influence of Prince, Promotion and Trust on Shopeefood Purchase Decisions (Yogyakarta City Consumer Study). Jurnal Ilmu Akuntansi. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/inv.v4i1.7286
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Priansa, D. J. (2018). Perilaku Konsumen. Alfabeta.
Rahman, A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Promosi dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manajemen. https://doi.org/DOI: 10.31602/atd.v4i1.2623
Rahman, M. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Joe Taslim Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Indonesia. Universitas Islam Riau.
Ristiana, U., Mashudi, & Warneri. (2020). Pengaruh Promosi GoFood Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i2.44884
Safari, T., Ristanto, H., & Astutik, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online ShopeeFood. Jurnal Ilmiah Aset.
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Sujalu, A. P., Latif, I. N., Bakrie, I., & Milasari, L. A. (2021). Statistik Ekonomi 1. Zahir Publishing.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset.
Wijaya, V. T., & Pahar, B. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Keamanan Privasi Terhadap Keputusan Pengguna Gojek. Jurnal Bisnis Perspektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabilah Nur Hanifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 39
,
PDF Downloads: 36
