STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Kasus pada Startup UFO Burger Bojonegoro

Penulis

  • Rofaq Azharul Ahmad Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p309-315

Kata Kunci:

SWOT; Matriks EFE; Matriks IFE; Matriks IE; Matriks Grand Strategy; QSPM.

Abstrak

Startup UFO Burger Bojonegoro adalah startup makanan cepat saji yang bersaing di era digital dengan banyaknya pesaing baru. Analisis SWOT diperlukan untuk merumuskan strategi peningkatan daya saing melalui tiga tahap, yaitu memasukkan EFE dan IFE, pencocokan table SWOT dan Matriks Grand Strategy, dan Keputusan Matriks QSPM. Hasil analisis EFE menunjukkan total skor bobot sebesar 3,46 dengan nilai peluang 2,79 dan ancaman 1,67. Analisis IFE menunjukkan total skor bobot 3,63 dengan nilai kekuatan 1,88 dan kelemahan 1,75. Strategi yang paling dominan untuk memenangkan persaingan adalah strategi SO dengan nilai 3,67. Hasil Matriks Grand Strategy menempatkan Perusahaan pada Kuadran I, yang berarti strategi intensif, integrasi, dan diversifikasi. Keputusan akhir dari Matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi Integrasi Vertikal dan Diversifikasi Konglomerasi adalah yang paling sesuai untuk Startup UFO Burger Bojonegoro.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-01

Cara Mengutip

Ahmad, R. A., & Cahya, S. B. (2024). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Kasus pada Startup UFO Burger Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 309–315. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p309-315

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 217 , PDF Downloads: 246