PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA

Penulis

  • Tiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p1-12

Kata Kunci:

Ekspektasi pendapatan, Intensi Berwirausaha, Mata kuliah praktik kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha

Abstrak

Tingkat pengangguran di Indonesia terus mengalami kenaikan, lulusan perguruan tinggi menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam angka pengangguran. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Unesa berdasarkan hasil tracer study menyatakan mahasiswa yang memilih berwirausaha masih rendah. Hal ini menandakan mahasiswa cenderung mencari pekerjaan dari pada menciptakan lapangan kerja, padahal sudah dibekali secara pengetahuan maupun praktik untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah praktik kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan ekspektasi pendapatan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior yang menjelaskan bahwa niat dipengaruhi oleh tiga aspek yaitu sikap, norma, dan perilaku yang relevan dengan penelitian ini. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kausal kuantitatif dan korelasional, populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2021 dan 2022, dan kriterianya ditentukan oleh peneliti. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh hasil dari 222 mahasiswa. Dengan menggunakan teknologi analisis data SPSS versi 25, hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah praktik kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan ekspektasi pendapatan mempunyai pengaruh secara parsial dan simultan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa angkatan 2021 dan 2022.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajzen, 1991. (2022). Reporting Behaviour of People with Disabilities in relation to the Lack of Accessibility on Government Websites: Analysis in the light of the Theory of Planned Behaviour. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1594. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p18

Asiva Noor Rachmayani. (2020). Theory of Planned Behavior.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2016). Hubungan positif antara dukungan orangtua dan minat berwirausaha pada mahasiswa fakultas psikologi di Universitas Islam Indonesia. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Author, A., Noor, R. M., & Anwar, S. (2022). Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 227–243. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i1.1165

BPS. (2024). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Februari 2024. Survei Angkatan Kerja Nasional. https://www.bps.go.id/id/publication/2024/06/07/112a10c79b8cfa70eec9f6f3/keadaan-angkatan-kerja-di-indonesia-februari-2024.html

Danny Hidayat, & Permata Suryani, I. (2024). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Di Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 21(1), 59–70. https://doi.org/10.29313/performa.v21i1.4088

Fathiyannida1, S., & Teguh Erawati2. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif dan Alumni Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata. Физиология Человека, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Fitriyansyah, M., Harmanda, D., Jambi, U., Pratama, S., Jambi, U., & Septianti, A. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan , Praktek Kewirausahaan , Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Jambi. 03(1), 56–67.

Meliani, D., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Green Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 16–30. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p16-30

Nugraha, P. S. (2020). Pengaruh Ekspetasi Pendapatan, Karakteristik Individu dan Pendidikan kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha . (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta) SKRIPSI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Putra, M. R. D., & Rusmawati, D. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Intensi Berwirausaaha Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Jurnal EMPATI, 9(6), 461–465. https://doi.org/10.14710/empati.2020.30064

Putri, V. R., & Dwijayanti, R. (2024). Pengaruh Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan Dan Pemanfaatan Platform E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Bisnis Unesa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/61553

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287

Sari, E. P. P., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA Saat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3669–3682. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2703

Sari, S. P., & Gufron, M. (2022). Program Studi Pendidikan Ekonomi Unversitas Bhinneka Pgri Angkatan Tahun 2018-2019. Jurnal Economina, 1(2), 264–271.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Suryadi, F. A., & Selamat, F. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Keinovatifan terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Motivasi Berwirausaha pada Mahasiswa PTS di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(3), 590–601. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i3.31590

Tentama, F., Mulasari, S. A., & Subardjo, S. (2024). Intensi Berwirausaha : Peran Hardiness dan Motivasi Berwirausaha. 11(September), 242–260.

UNESA, B. (2024). BEM UNESA Bekali Mahasiswa dengan Wawasan dan Skill Bisnis Melalui Seminar Nasional Entrepreneurship. BEM UNESA. https://www.unesa.ac.id/bem-unesa-bekali-mahasiswa-dengan-wawasan-dan-skill-bisnis-melalui-seminar-nasional-entrepreneurship?utm_source=chatgpt.com

Wijayanti, N. V, & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Praktek Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11803–11811. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4322

Diterbitkan

2025-04-16

Cara Mengutip

Tiana, & Tri Sudarwanto. (2025). PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p1-12

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 344 , PDF Downloads: 301