PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMENPRODUK SMARTFREN ANDROMAX(studi pada mahasiswa kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya)

  • PUJI RAHAYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Smartfren andromax . Dimana variabel independen yaitu word of mouth (X), mempengaruhi keputusanpembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna SmartfrenAndromax Sampel diambil sebanyak 79 orang responden melalui angket yang diisi oleh responden. Kemudiandata yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi sederhana, Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi : Y = 3,272 + 0,458X. Berdasarkan analisis datastatistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujiannormalitas berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel word of mouth terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 45,5 % menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh word of mouth, sedangkan sisanya sebesar 54,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.


Kata Kunci: keputusan pembelian, word of mouth

Published
2014-02-03
How to Cite
RAHAYU, P. (2014). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMENPRODUK SMARTFREN ANDROMAX(studi pada mahasiswa kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 3053
PDF Downloads: 3823