KONTRIBUSI KECEPATAN LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT.JNE KONTER PERAK TIMUR

  • UCHTI SANI

Abstract

Kecepatan layanan dan tarif yang terjadi akan berkontribusi pada kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecepatan layanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen PT.JNE konter Perak Timur. Kecepatan layanan di PT.JNE konter Perak Timur mencakup kecepatan petugas dalam menangani konsumen di dalam konter maupun waktu penyampaian barang kiriman. Tarif yang digunakan tergantung jenis barang yang dikirim, volume/berat barang, dan tujuan pengiriman barang. Penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda melalui uji-F dan uji-t yang digunakan untuk mengetahui apakah kecepatan layanan dan tarif berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.. Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah responden 186 konsumen yang mengirim barang di PT.JNE konter Perak Timur. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16.0. Kondisi kecepatan layanan dan tarif dikategorikan tinggi yang artinya kepuasan konsumen di PT.JNE konter Perak Timur tinggi.Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kecepatan layanan dan tarif berkontribusi positif signifikan terhadap kepuasan konsumen PT.JNE konter Perak Timur. Nilai Adjust R square = 0,576 berarti 57,6% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini, sisanya 42,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Kata kunci : kecepatan layanan, tarif, kepuasan konsumenFast service and tariff will give significant contribution to the customer

Published
2014-02-03
How to Cite
SANI, U. (2014). KONTRIBUSI KECEPATAN LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT.JNE KONTER PERAK TIMUR. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 197