PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
THE EFFECT OF ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, SELF EFFICACY, AND FAMILY ENVIRONMENT ON ENTREPRENEURIAL INTEREST IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL 2, MOJOKERTO CITY
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p27-38Kata Kunci:
Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Self EfficacyAbstrak
Minat siswa SMK untuk menekuni dunia usaha masih tergolong rendah, meskipun mereka telah memperoleh materi kewirausahaan selama proses pembelajaran di sekolah. Kondisi ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam untuk memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi minat tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy , dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat siswa dalam berwirausaha. Sementara itu, self efficacy tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Variabel lingkungan keluarga menunjukkan pengaruh yang signifikan namun dengan arah negatif terhadap minat berwirausaha. Ketiga variabel tersebut, ketika dianalisis secara simultan, terbukti memberikan kontribusi yang berarti terhadap minat siswa untuk terjun ke dunia usaha. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya sinergi antara peran sekolah dan dukungan keluarga dalam menciptakan suasana yang kondusif untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah maupun pemangku kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran, guna membentuk karakter wirausaha yang kuat pada siswa SMK.
Unduhan
Referensi
Adriyanto, A., Prasetyo, D., & Khodijah, R. (2020). Angkatan Kerja dan Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 66–82. https://doi.org/10.35724/jies.v11i2.2965
Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3845
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https:// doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Aldrian Syafril Lubis, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 1(6), 137–159. https://doi.org/10.61132/menawan.v1i6.77
Bahari, B., Arafat, Y., & Toyib, M. (2021). Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Kelas Xi Sma Pgri 4 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 35. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6663
Bandura, A. (1997). self efficacy : The exercise of control. W.H. freeman and company.
Fadhilah Ramadhan Johan et al. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2017 Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Fithria, L. El, Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Di Marketplace Pada Mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2, 149–159. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.169
Haliza, N. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneuship and Finance, 2(2), 172–186. http://ijebef.esc- id.org/index.php/home
/article/view/68%0Ahttp://ijebef.esc-id. org/index.php/home/article/download/68/48
Indriyani, N. D., & Suryantara, M. L. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Yos Soedarso Tahun 2019 – 2020. Yos Soedarso Economics Journal (YEJ) ? ISSN 2684-9720 Volume 3 Number 3, Desember 2021 Https://Ojs.Uniyos.Ac.Id/Index.Php/YSEJ, 3(1), 70–77.
Julindrastuti, D., & Karyadi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 7–20. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98
Kesumadewi, E., & Aprilyani, A. (2024). Mengatasi Pengangguran Melalui Peningkatan Kewirausahaan dengan Program Tenaga Kerja Mandiri. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/ jmsd.v1i4.360
Page, D. (2024). Journal of Applied Business , Taxation anPage, D. (2024). Journal of Applied Business , Taxation and Economics Research ( JABTER ) The Influence of Entrepreneurship Education and Family Environment on Entrepreneurial Interest Through Self-Efficacy. 4(2), . 4(2), 155–169. https://doi.org/10.54408/jabter.
Prayetno, S., & Ali, H. (2020). The influence of work motivation, entrepreneurship knowledge and advocate independence on advocate performance. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(3), 147–164.
Prilivia, S. A., Murwaningsih, T., Akbarini, N. R., Perkantoran, P. A., & Maret, U. S. (2023). terhadap minat berwirausaha mahasiswa PAP UNS angkatan Pendahuluan. 7(3), 247–252.
Putra, A., & Oknaryana, O. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, dan Kebutuhan Akan Prestasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22199–22210.https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10043
Rachmawati & Subroto. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 10(1):56, 10. https:doi//.org/10.3360/ejpe.v10i1.6236
Salamzadeh, Y., Sangosanya, T. A., Salamzadeh, A., & Braga, V. (2022). Entrepreneurial universities and social capital: The moderating role of entrepreneurial intention in the Malaysian context. International Journal of Management Education, 20(1), 470–484. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100609
Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182. https://doi.org/10.30659/jai.9.2.182-194
Saoula, O., Shamim, A., Ahmad, M. J., & Abid, M. F. (2023). Do entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support enhance entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial education. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 17(1), 20–45. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2022-0055
Sari, N. E., Pramika, D., & Toyib, M. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha di SMK Negeri 1 Benakat. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.18723
Sarumpaet, A., Wibowo, A., Adha, M. A., Studi, P., Bisnis, P., Ekonomi, F., Jakarta, U. N., & Jakarta, K. (2025). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Efikasi Diri pada Siswa SMK Negeri 14 Jakarta. 2(2), 2960–2975.
Silaban, H. B., Tambunan, L. M., Rumapea, A., Laurensia, R., Ginting, B., Lingga, R. D., Jl, A., Iskandar, W., Baru, K., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2021 Universitas Negeri Medan Pendidikan Ekonomi , Universitas Negeri Medan.
Sucipto, F. M., Sumarno, S., & Sari, F. A. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Jurnal Paedagogy, 9(4), 865. https:// doi.org/10.33394/ jp.v9i4.5820
Trianawati, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (Study Survey Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Majalengka, SMK Negeri Palasah dan SMK Negeri 1 Kadipaten). Journal Program Study Pendidikan Ekonomi, 1(9), 33–40
Utari, F. D., & Sukidjo, S. (2020). The Roles of Need for Achievement and Family Environment in Stimulating Entrepreneurial Interest through Self-Efficacy. Jurnal Economia, 16(2), 143–160.https://doi.org/10.21831/economia.v16i2.28725
Vendhi Prasmoro, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Peningkatan Sumber Daya Manusia Yang Kreatif Dan Inovatif Dalam Berwirausaha. Prosiding, 3, 86–93. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.342
Waldyatri, W., Aditi, B., & Pentana, S. (2021). The Influence of Entrepreneurship Knowledge on Entrepreneurial Interest in Medan Market Center with Self Efficacy as an intervening Variable. Jurnal Ekonomi LLDIKTI Wilayah 1 (JUKET), 1(2), 89–95. https://doi.org/10.54076/juket.v1i2.136
Yulianto, A. R. (2021). Kontribusi Lingkungan dan Pembelajaran Wirausaha dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 94–103. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.274
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ananda Lisa Adelia, Tri Sudarwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

