PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X BISNIS DIGITAL SMKS KETINTANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p96-104Keywords:
Hasil Belajar, Lingkungan Sekolah, Partisipasi Siswa, Penggunaan Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, lingkungan sekolah, dan partisipasi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X Bisnis Digital di SMKS Ketintang Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa, tingginya intensitas penggunaan media sosial, kondisi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, serta rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 49 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan skala Likert 1–4. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (sig. 0,931). Lingkungan sekolah menunjukkan pengaruh negatif signifikan (sig. 0.000), sedangkan partisipasi siswa berpengaruh positif signifikan (sig. 0,000) terhadap hasil belajar. Secara simultan, ketiga variabel memberikan pengaruh signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 68,5%. Temuan ini menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar sebagai faktor dominan dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi digital, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta penerapan strategi pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa untuk mendukung keberhasilan akademik.
Downloads
References
Abd Rahim, & Mutiara Indah. (2024). 300-Article Text-953-1-10-20240401. Sajabaya, 2(PentingnyaPendidikanLiterasiDigitaldiKalanganRemaja), 51–54. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm
Ahmad, K. R., Sibuan Amir, L., & Hapipi, M. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi dan Hubungan Sosial dalam Kalangan Generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02), 85–94. https://doi.org/10.58812/sish.v1.i02
Andriani, L. (2025). Lingkungan Sekolah Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1051–1064. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40292
Astin, A. W. (1984). Student involvement: A developmental theory for higher education. College Student Development and Academic Life: Psychological, Intellectual, Social and Moral Issues, January, 251–263.
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru terhadap Motivasi belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Kretaivitas Berpikir Generazi Z. 6(9), 6.
Grisma Yuli Arta. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925
Hadi, I. P. dkk. (2021). Hakikat Komunikasi Massa. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/17579/Buku Ajar Komunikasi Bisnis (ABKA 3208- 2 SKS).pdf?sequence=1
Herdi, M. I. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Di SMK Swasta Eria Medan. Invention: Journal Research and Education Studies, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/invention.v4i1.1165
Kartikasari, F., Mardiana, S. S., Masithoh, A. R., & Mubarokah, N. A. (2023). Perbedaan Frekuensi Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Di Smp. (IJP) Indonesia Jurnal Perawat, 8(1), 7–23. https://doi.org/10.26751/ijp.v8i1.2026
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Nababan, G., Purba, J. E. L., & Aji, K. A. (2021). Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas Vii Di Sekolah Abc Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 100–109. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page100-109
Norazman, N., Nashruddin, S. N. A. M., Ani, A. I. C., Jaa’far, N., & Khoiry, M. A. (2019). School building defects: Impacts teaching and learning environment. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 2), 22–29. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1005.0782S219
Nurul Fadhilah, & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 16–34. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Obeso, M., Pérez-Pérez, M., García-Piqueres, G., & Serrano-Bedia, A. M. (2023). Enhancing students’ learning outcomes through smartphones: A case study of using instagram in higher management education. International Journal of Management Education, 21(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100885
Rafiq, S., Afzal, A., & Kamran, F. (2022). Impact of School Environment on Students’ Academic Achievements at the University Level. VFASTTransactions OnEducation and Social Sciences, 10(4), 19–30.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat, 05(November), 298.
Salsabila, U. H. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Manar, 7(1). https://doi.org/10.36668/jal.v7i1.72
Uddin, K., Huda, N., Ali, J., Alam, S., & Bhuiyan, A. B. (2022). Impact of Social Media on Students’ Academic Performance: a Case Study of Islamic University, Bangladesh.American Economic & Social Review, December, 1–10. https://doi.org/10.46281/aesr.v10i1.1822
Winei, A. D. A., Setiawan, A., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan KesehatanMental Siswa. Journal on Education, 06(01), 317–327.
Za’farullah Jamaly, Hasan Muadz Muhammad, Indrati Dwi Cahyani, & Bakti Fatwa Anbiya. (2025). Potensi Discord Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.17170
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adamas Hafizh Addin, Tri sudarwanto, Winaika Irawati, Septyan Budy Cahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 184
,
PDF Downloads: 54
