PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X BISNIS DIGITAL SMKS KETINTANG SURABAYA

Authors

  • Adamas Hafizh Addin Universitas Negeri Surabaya
  • Tri sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Winaika Irawati Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p96-104

Keywords:

Hasil Belajar, Lingkungan Sekolah, Partisipasi Siswa, Penggunaan Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, lingkungan sekolah, dan partisipasi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X Bisnis Digital di SMKS Ketintang Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa, tingginya intensitas penggunaan media sosial, kondisi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, serta rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 49 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan skala Likert 1–4. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (sig. 0,931). Lingkungan sekolah menunjukkan pengaruh negatif signifikan (sig. 0.000), sedangkan partisipasi siswa berpengaruh positif signifikan (sig. 0,000) terhadap hasil belajar. Secara simultan, ketiga variabel memberikan pengaruh signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 68,5%. Temuan ini menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar sebagai faktor dominan dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi digital, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta penerapan strategi pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa untuk mendukung keberhasilan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahim, & Mutiara Indah. (2024). 300-Article Text-953-1-10-20240401. Sajabaya, 2(PentingnyaPendidikanLiterasiDigitaldiKalanganRemaja), 51–54. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm

Ahmad, K. R., Sibuan Amir, L., & Hapipi, M. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi dan Hubungan Sosial dalam Kalangan Generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02), 85–94. https://doi.org/10.58812/sish.v1.i02

Andriani, L. (2025). Lingkungan Sekolah Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1051–1064. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40292

Astin, A. W. (1984). Student involvement: A developmental theory for higher education. College Student Development and Academic Life: Psychological, Intellectual, Social and Moral Issues, January, 251–263.

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru terhadap Motivasi belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Kretaivitas Berpikir Generazi Z. 6(9), 6.

Grisma Yuli Arta. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925

Hadi, I. P. dkk. (2021). Hakikat Komunikasi Massa. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/17579/Buku Ajar Komunikasi Bisnis (ABKA 3208- 2 SKS).pdf?sequence=1

Herdi, M. I. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Di SMK Swasta Eria Medan. Invention: Journal Research and Education Studies, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/invention.v4i1.1165

Kartikasari, F., Mardiana, S. S., Masithoh, A. R., & Mubarokah, N. A. (2023). Perbedaan Frekuensi Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Di Smp. (IJP) Indonesia Jurnal Perawat, 8(1), 7–23. https://doi.org/10.26751/ijp.v8i1.2026

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847

Nababan, G., Purba, J. E. L., & Aji, K. A. (2021). Mengukur Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online Siswa Kelas Vii Di Sekolah Abc Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 100–109. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page100-109

Norazman, N., Nashruddin, S. N. A. M., Ani, A. I. C., Jaa’far, N., & Khoiry, M. A. (2019). School building defects: Impacts teaching and learning environment. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 2), 22–29. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1005.0782S219

Nurul Fadhilah, & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 16–34. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021

Obeso, M., Pérez-Pérez, M., García-Piqueres, G., & Serrano-Bedia, A. M. (2023). Enhancing students’ learning outcomes through smartphones: A case study of using instagram in higher management education. International Journal of Management Education, 21(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100885

Rafiq, S., Afzal, A., & Kamran, F. (2022). Impact of School Environment on Students’ Academic Achievements at the University Level. VFASTTransactions OnEducation and Social Sciences, 10(4), 19–30.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat, 05(November), 298.

Salsabila, U. H. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Manar, 7(1). https://doi.org/10.36668/jal.v7i1.72

Uddin, K., Huda, N., Ali, J., Alam, S., & Bhuiyan, A. B. (2022). Impact of Social Media on Students’ Academic Performance: a Case Study of Islamic University, Bangladesh.American Economic & Social Review, December, 1–10. https://doi.org/10.46281/aesr.v10i1.1822

Winei, A. D. A., Setiawan, A., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan KesehatanMental Siswa. Journal on Education, 06(01), 317–327.

Za’farullah Jamaly, Hasan Muadz Muhammad, Indrati Dwi Cahyani, & Bakti Fatwa Anbiya. (2025). Potensi Discord Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.17170

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Adamas Hafizh Addin, Tri sudarwanto, Irawati, W., & Cahya, S. B. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X BISNIS DIGITAL SMKS KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 96–104. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p96-104

Issue

Section

Article
Abstract views: 184 , PDF Downloads: 54