PENGARUH ONLINE CUSTEMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK SHOP DI KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p113-121Kata Kunci:
Online customer review; Online customer rating; Keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating pada aplikasi tiktok shop di Kabupaten Jombang. Populasi yang di gunakan adalah pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian di aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan sampel 101 responden. Analisis yang di gunakan adalah uji istrumen penelitian dan pengujian hipotesis. Dengan hasil penelitian bahwa seorang konsumen atau pembeli lebih percaya informasi rating di toko tiktok shop karna semakin bagus rating yang diberikan makan barang yang diterima akan sesuai dengan yang di deskripsikan sehingga dapat memenuhi peputusan pembelian di tiktok shop dan konsumen lebih percaya terhadap online customer rating yang di berikan oleh konsumen lain di tiktok untuk menentukan pelayanan yang di berikan. Selain itu konsumen juga memilih pembelian berdasarkan ulasan layanan peenjual yang diulas oleh konsumen lain di tiktok shop. Tetapi konsumen lebih percaya informasi rating yang di berikan untuk suatu produk, semakin tinggi bintang atau rating yang di berikan maka produk makin sesuai dengan keadaan sebenarnya. Hal tersebut dapat di lihat dari hasil dari uji t bahwa variabel online customer review dan online customer rating secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace Tiktok shop. Uji F menunjukkan bahwa variabel harga, online customer review, dan online customer rating secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace Tiktok shop. Hasil nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa online customer review dan online customer rating berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar.
Unduhan
Referensi
Agustiningsih, Luluk, and Retno Hartati. 2023. “Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Pada Layanan Shopee.” 4(2): 13–30.
Graciafernandy, Maria Augustine, and Rahmatun Nisa Almayani. 2023. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee.” POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen 5(1): 97–106. doi:10.46918/point.v5i1.1800.
Hasanah, Uswatun, Hery Pudjoprastyono, Wilma Cordelia Izaak, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional, and Jawa Timur. 2023. “The Influence Of Online Customer Reviews And Online Customer Ratings On Product Purchasing Decisions In The Marketplace (Study On Shopee Application Users In East Java).” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(5): 6956–63.
Nilta Putri Wahyuning, Yufenty Oktaviani, M.Tahajjudi Ghifahry. 2024. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Di Kota Pasuruan.” Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi 7(8).
Pratiwi, Fasya Winanda, Aang Curatman, and Agustina. 2023. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Customer ….” Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon: 786–195.
Rini, Yanti Fitri, Harry Wahyudi, and Amrullah. 2022. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli Di Kota Padang.” Seminar Nasional Riset Ekonomi dan Bisnis 2022: 379.
Sonie Mahendra, and Primasatria Edastama. 2022. “Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace.” Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi 1(2): 21–28. doi:10.30640/jumma45.v1i2.317.
Susanto, Hadi, and Muljadi. 2022. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Minat Pembelian Pada Pelanggan Online Shop Bukalapak(Studi Pada Pelanggan Online Shop Bukalapak Karyawan. Imexindo Intiniaga).” Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis 10(1): 59–70.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gesit Arga Rossandy, Renny Dwijayanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

