PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 TUBAN
Abstract
Abstrak
Siswa SMA adalah masa remaja dimana seseorang sedang mencari jati dirinya. Remaja atau siswa belum memiliki dasar atau prinsip yang kuat untuk berperilaku, bersikap, dan bertanggung jawab. Didukung dengan status sosial ekonomi orang tuanya. Maka, diperlukan pengetahuan tentang cara berkonsumsi atau tentang literasi ekonomi yang cukup pada siswa untuk menjadikan siswa memilki perilaku konsumsi yang lebih baik.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (2) untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (3) untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban.Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunkan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 97 siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunkan angket untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua dan perilaku konsumsi siswa, tes untuk mengetahui literasi ekonomi yang dimiliki siswa, wawancara untuk mengetahui pembelajaran ekonomi disekolah dan perilaku konsumsi siswa, dokumentasi untuk mendapatkan foto saat penelitian dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (2) Terdapat pengaruh signifikan antara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (3) Secara bersama-sama status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi berpengaruh tergadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban.
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumsi
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 84