HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO

  • EKA NURUL APRILLIANI
  • NORIDA CANDA SAKTI

Abstract

Agar siswa minat melanjutkan ke perguruan tinggi maka diperlukan tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo, (2) untuk mengetahui hubungan prestasi belajar siswa dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 191 siswa dari kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan angket untuk mengukur tingkatan pendidikan orang tua dan minat peserta didik lanjut ke perguruan tinggi dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan Uji Hipotesis (Korelasi Prodact Moment). Berdasarkan uji t untuk mengetahui hubungan tersebut signifikan, dengan nilai dengan pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa lebih besar (6.4528 > 1.6259) maka adanya hubungan yang sig antara tingkatan pendidikan orang tua dengan minat peserta didik lanjut ke perguruan tinggi. Sedangkan lebih besar dari (5.7875 > 1.65) maka adanya hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan minat peserta didik ke perguruan tinggi.

Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Prestasi Belajar, Minat dalam pendidikan

Published
2018-09-05
How to Cite
NURUL APRILLIANI, E., & CANDA SAKTI, N. (2018). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 138