PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 MAN 1 MOJOKERTO

  • ANIS SETYANINGSIH
  • NORIDA CANDA SAKTI

Abstract

Abstrak

Latar belakang yang mendasari penelitian disisni merupakan lemahnya pemahaman peserta didik pada mapel ekonomi yang menyebabkan hasil belajar belum mencapai ketuntasan klasikal. Tujuan penelitian pengembangan ini guna mendeskripsikan (1) kelayakan media pembelajaran E-Comic, (2) respon peserta didik terhadap E-Comic, dan (3) hasil belajar peserta didik sesudah difungsikannya E-Comic. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dibatasi hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa E-Comic pada materi kebijakan moneter dan fiskal dalam bentuk link dan file berformat FBR dengan bantuan software flipbuilder. Validasi E-Comic ini memperoleh hasil 98,3% oleh pakar materi, 82,2% oleh pakar media, dan 87,5% oleh pakar grafis serta respon peserta didik diperoleh presentase sebesar 99%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media tersebut sangat layak dan menimbulkan respon positif dari peserta didik. Pengukuran peningkatan hasil belajar menggunakan Gain Score memperoleh hasil kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,5 sedangkan di kelas kontrol senilai 0,4 dan ketuntasan klasikal di kelas eksperimen terjadi peningkatan dari 15% menjadi 90% sehingga ketuntasan klasikal dapat tercapai dan kelas kontrol juga terjadi peningkatan dari 20% menjadi 60% akan tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-Comic, Hasil Belajar

Abstract

The background that underlies this study is the lack of understanding of students in economic learning that causes learning outcomes have not yet reached classical completeness. The purpose of this development research is to describe (1) the feasibility of E-Comic learning media, (2) students responses to E-Comic, and (3) student learning outcomes after the implementation of E-Comic. This study uses the 4D model which is limited to the third stage, the development stage. The results of this study are a learning media product in the form of E-Comic monetary and fiscal policy material in the form of links and files in FBR format with the help of flipbuilder software. This E-Comic validation obtained 98.3% results from material experts, 82.2% from media experts, and 87.5% from graphic experts and student responses obtained by 99%, so it can be concluded that the media was very feasible and raises positive responses from students. Measurement of improvement in learning outcomes using Gain Score obtained higher experimental class results that is 0.5 while in the control class of 0.4 and classical completeness in the experimental class increased from 15% to 90% so that classical completeness can be achieved and the control class also increased from 20% to 60% but has not yet reached classical completeness.

Keywords: Learning Media, E-Comic, Learning Outcomes

Published
2020-01-30
How to Cite
SETYANINGSIH, A., & CANDA SAKTI, N. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 MAN 1 MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(1), 1-6. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n1.p1-6
Section
Articles
Abstract Views: 336
PDF Downloads: 343