PENGGUNAAN TAMAN BUNGKUL SEBAGAI RUANG PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN DEMOKRASI DELIBERATIF (STUDI KASUS TERHADAP KOMUNITAS SENOPATI)

  • FARIDAH

Abstract

Taman Bungkul sebagai ruang publik dijadikan tempat untuk berkumpulnya berbagai komunitas di Surabaya. Komunitas-komunitas ini tidak hanya berkumpul tetapi juga saling tukar-menukar pendapat ataupun argumentasi, sehingga ada wadah untuk menampung aspirasi  mereka. Aspirasi yang ditampung ditindak lanjuti dengan menyampaikannya atau menyalurkannya kepemerintah kota Surabaya. Komunitas yang mewujudkan Demokrasi Deliberatif ini salah satunya komunitas SENOPATI. Komunitas ini berperan aktif dalam menentukan suatu kebijakan pemerintah terkait jalan khusus sepeda onthel yang telah diputuskan dengan terbukti di sepanjang jalan raya Darmo, Urip Sumoharjo, jalan Pemuda, Basuki Rahmat dan Gubenur Suryo terdapat tanda khusus sepeda onthel dengan warna hijau dan ada tanda sepeda onthel serta warna jingga (orange) yang disponsori oleh cat EMCO.

Taman Bungkul dijadikan tempat untuk melakukan berbagai aktivitas oleh berbagai kalangan. Kegunaan yang begitu banyak dari taman Bungkul ini menjadikan menarik untuk diketahui. Terutama dalam penelitian ini yang berusaha untuk mengetahui kegunaan dari taman Bungkul sebagai tempat untuk mewujudkan Demokrasi Deliberatif.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling untuk penentuan sampelnya. Pengumpulan data menggunakan triangulasi, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif  model Miles and Huberman.

 

Kata kunci: Penggunaan taman Bungkul, Ruang Publik, Demokrasi Deliberatif

Published
2013-01-31
How to Cite
FARIDAH,. (2013). PENGGUNAAN TAMAN BUNGKUL SEBAGAI RUANG PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN DEMOKRASI DELIBERATIF (STUDI KASUS TERHADAP KOMUNITAS SENOPATI). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 116-132. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p116-132
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 135