MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIIA SMP NEGERI 2 LAMONGAN

  • DIAN Utama UTAMA WATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PKn di kelas VII A SMP Negeri 2 Lamongan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa test, observasi dan angket sebagai penunjang data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentasi.

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran guru dalam pelaksanaan pembelajarannya telah sesuai dengan sintak pembelajaran berbasis masalah. Dimulai dari guru mengawali kegiatan belajar mengajar, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan pre test pada siswa, menyampaikan materi pembelajaran, membentuk kelompok diskusi, mengamati siswa berdiskusi dalam kelompok, mengamati kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok, melakukan evaluasi dan meyimpulkan hasil diskusi bersama dengan siswa, memberikan post test untuk dikerjakan oleh siswa hingga menutup atau mengakhiri kegiatan belajar mengajar. Dan berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dari 26,67%, meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah telah berhasil dilaksanakan.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis  masalah

Published
2013-01-31
How to Cite
UTAMA WATI, D. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIIA SMP NEGERI 2 LAMONGAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 257-271. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n1.p257-271
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 86