PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN GURU PKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SUKODADI LAMONGAN

  • PUTRI KARTIKA SURI

Abstract

Abstrak

      Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keteladanan guru PKn terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan probability sampling dengan teknik Proportionate stratified random sampling dimana cara mengambil sampel dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan di mana populasinya  berjumlah 506 siswa namun dengan menggunakan rumus slovin maka sampelnya menjadi 84 siswa dimana terbagi atas kelas X dan XI. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data persepsi siswa tentang keteladanan guru PKn terhadap motivasi belajar siswa. Dalam teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keteladanan guru PKn terhadap motivasi belajar siswa. adapun koefisien korelasi adalah variabel x atau varibel terikat adalah persepsi siswa tentang keteladanan guru PKN dan variabel y atau variabel bebasnya adalah motivasi belajar siswa. Dari teknik analisis data diperoleh koefisien korelasi rhitung sebesar 0,396 dan diketahui rtabel pada taraf signifikan 1% (0,01) sebesar 0,278 artinya rhitung> rtabel,, maka Ha di terima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keteladanan guru PKn terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan dimana distribusinya pengaruhnya sebesar 15,37 % sedangkan yang 83,73 % motivasi belajar siswa dipengaruhi faktor yang lain.

Kata Kunci: persepsi siswa, keteladanan guru pkn,  motivasi belajar siswa

Abstract

The purpose of this study is to describe the influence student’s perceptions about the exemplary civics student teacher against student motivation state senior high school 1 sukodadi lamongan. This research is a correlation design using a quantitative approach. Samples used in this research were selected using probability sampling with a sampling technique by Proportionate stratified random sampling where taking samples by observing the levels in the population. Subjects in this research are students of class X and XI Senior High School 1 Sukodadi Lamongan  where a population of 506 students, but by using the formula slovin then sampled to 84 students which is divided into classes X and XI.Technique the data in this research uses the method the questionnaire or chief to collect the perception of students about exemplary civic teacher to the motivation to study students. In engineering data analysis using formulas correlation product moment.This research result indicates is the between perception students about exemplary civic teacher to the motivation to study students. As for the correlation coefficient is variable x or varibel bound is perception students about exemplary civic teachers and variable y or variable free is the motivation to study students. Of engineering data analysis obtained a correlation coefficient rhitung of 0,396 and was detected rtabel the first significant 1 % ( 0.01 ) as much as 0,278 it means rhitung and rtabel, then ha received and ho rejected .So is the between perception students about exemplary civic teachers to the motivation to study high school students land 1 sukodadi lamongan where the distribution of goods impact by 15,37 % while the 83,73 % the motivation to study students influenced factors that other .

Keywords: perceptions students, exemplary civics teacher, students motivation

Published
2016-09-01
How to Cite
KARTIKA SURI, P. (2016). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN GURU PKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SUKODADI LAMONGAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v4n3.p%p
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 88