Konstruksi OrangTua Dalam Menanamkan Pendididkan Anti-Korupsi Pada Anak

  • AYU DESSY RATNASARI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konstruksi orangtua dalam menanamkan pendididkan anti-korupsi pada anak di desa Sidokerto kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang, mendeskripsikan metode dalam penanaman pendidikan anti-korupsi dan mengetahui implementasi nilai dalam penamanaman pendidikan anti-korupsi. Urgensi dalam penelitian ini adalah dengan maraknya kasus korupsi, pentingnya memberikan pendidikan anti-korupsi pada anak sejak dalam kehidupan di rumah, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini mengambil lima informan yaitu orang tua yang memiliki anak yang berumur 7-15 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam. Teori yang digunakan sebagai analisis adalah teori konstruksi Peter L. Berger.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan tindakan korupsi bisa dilakukan sejak dalam kehidupan keluraga. Orang tua mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan anti-korupsi dari berbagai media seperti buku, internet dan diskusi. Orang tua menganggap penanaman pendidikan anti-korupsi dapat dilakukan melalui metode tauladan, metode pembiasaan dan metode dialog, metode ini terbukti efektif sehingga anak dapat megimplementasikan nilai pendidikan anti-korupsi dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: konstruksi orang tua, penanamanpendidikan anti-korupsi.

Published
2017-07-20
How to Cite
DESSY RATNASARI, A. (2017). Konstruksi OrangTua Dalam Menanamkan Pendididkan Anti-Korupsi Pada Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(02). https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n02.p%p
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 304