PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi tentang Fasilitas Kesehatan dan Fasilitas Pendidikan Keluarga Penerima Manfaat di Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri)

  • PUTRI AYU INDRAWATI
  • AGUS SATMOKO ADI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komitmen Keluarga Penerima Manfaat terhadap fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan di Desa Juwet. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Juwet Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Responden dari penelitian adalah Keluarga Penerima Manfaat, Pendamping PKH, Bidan Desa Juwet, serta Kepala Sekolah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dikaji dengan menggunakan teori partisipasi masyarakat. Partisipasi Keluarga Penerima Manfaat dalam Program Keluarga Harapan dalam mengakses fasilitas kesehatan berjalan dengan baik, ditandai dengan keikutsertaan Keluarga Penerima Manfaat dalam kegiatan Program Keluarga Harapan, seperti pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dari Program Keluarga Harapan, dan evaluasi. Partisipasi Keluarga Penerima manfaat dalam Program Keluarga Harapan dalam mengakses fasilitas pendidikan berjalan dengan baik, ditandai dengan perubahan pola pikir orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi anak. Seragam dan peralatan sekolah anak sudah terlihat layak. Keterlibatan Keluarga Penerima Manfaat dimulai dari pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat hingga evaluasi.

Kata Kunci: kemiskinan, PKH,kesehatan ,pendidikan,partisipasi

Published
2018-07-26
How to Cite
AYU INDRAWATI, P., & SATMOKO ADI, A. (2018). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi tentang Fasilitas Kesehatan dan Fasilitas Pendidikan Keluarga Penerima Manfaat di Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 123