PEMBELAJARAN PPKn MATERI NILAI SEMANGAT SUMPAH PEMUDA MASA SEKARANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMPN 3 GRESIK

  • FAISAL YOGA

Abstract

Dalam pembelajaran PPKn Peserta didik diharapkan memahami dan mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan sekitar mereka yang dilaksanakan menjadi bermakna dan mengkaji masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga sesuai dengan pemilihan model pembelajaran berbasis masalah. PBL di rancang untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, mempelajari peran-peran dewasa sehingga menjadi pelajar yang mandiri dan menyediakan alternatif pembelajaran untuk mengarahkan peserta didik dengan pembelajaran yang lebih aktif.

Tujuan Penelitian 1) Mendiskripsikan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PPKn materi Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII E SMPN 3 Gresik 2) Mengetahui hasil belajar pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran PPKn materi Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII E SMPN 3 Gresik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu, metode penelitian deskriptif yang didasari sifat-sifat dan masalahnya. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan data penelitian yang hasilnya angka-angka yang kemudian di analisis secara deskriptif/verbal.

Hasil penelitian keaktifan peserta didik seluruh aspek dari hasil observasi selama proses pembelajaran melalui model PBL setelah di rata-rata terdapat (77,41%) aktif, (14,51%) kurang aktif dan (8,06%) tidak aktif. Secara keseluruhan peserta didik aktif, 24 aktif, 5 kurang aktif dan 2 tidak aktif.

Hasil belajar pengetahuan peserta didik tuntas dengan nilai KKM/tuntas jika peserta didik memperoleh nilai sama dengan atau lebih 75, minimal sebanyak 22 peserta didik tuntas untuk ketuntasan klasikal, hasil penelitian ini 5 (16,12%) tidak tuntas dan 26 (83,87%) tuntas, disimpulkan tuntas secara individu maupun klasikal.

Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, keaktifan, hasil belajar.






Published
2019-07-24
How to Cite
YOGA, F. (2019). PEMBELAJARAN PPKn MATERI NILAI SEMANGAT SUMPAH PEMUDA MASA SEKARANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMPN 3 GRESIK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p%p
Abstract Views: 177
PDF Downloads: 330