Strategi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Dalam Membentuk Warga Negara Yang Baik Pada Anak Jalanan Di Wonorejo Surabaya
Strategi UPTD Kampung Anank Negeri Dalam Membentuk Warga Negara Yang Baik
Abstract
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri merupakan salah satu lembaga di bawah naungan Dinas Surabaya yang menampung dan membina anak-anak dengan permasalahan sosial, baik itu anak yang di terlantarkan orang tua maupun anak jalanan. Anak-anak yang tinggal dan menetap di lembaga tersebut tentunya memiliki karakter yang berbeda namun cenderung pada karakter negatif akibat dari latar belakang mereka. Oleh karena itu, UPTD berupaya untuk menanamkan karakter tanggung jawab guna membentuk cerminan warga negara yang baik melalui strategi pembinaan dan pendampingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi UPTD Kampung Anak Negeri dalam membentuk warga negara yang baik pada anak jalanan di Wonorejo Surabaya. Teori yang digunakan adalah good citizenship dari Derek Heater. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah Kepala atau Wakil UPTD, Pembina, pendamping dan staff yang berada di lembaga tersebut sebagai informan pendukung. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat beberapa strategi penanaman karakter yang dilakukan antara lain: Penyesuaian jadwal pembinaan, Pendekatan, Pembinaan, Character building melalui pembiasaan anak, Learning by doing, Penegasan tugas, Pemberian reward, Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), Kekompakan pembina maupun pendamping, dan Pendampingan terus-menerus, Dalam pelaksanaannya tentu pembina dan pendamping memiliki kendala, kendala utama yang dihadapi oleh pembina maupun pendamping yaitu sikap malas anak-anak. Berdasarkan strategi yang di terapkan menunjukkan adanya pembentukan karakter tanggung jawab terhadap anak-anak yang dibuktikan dengan perubahan karakter anak dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di UPTD Kampung Anak Negeri.
Kata Kunci: Strategi, Warga Negara, Kampung Anak Negeri
References
Antaranews. (2019). Kisah Sukses Para Penghuni Kampung Anak Negeri di Surabaya. Diakses pada 27 November 2019, ari: https://jatim.antaranews.com/berita/293627/kisah-sukses-para-penghuni-kampung-anak-negeri-di-surabaya.
Bangga Surabaya. (2019). Kampung Anak Negeri, Rumah Anak Jalanan Meraih Prestasi. Diakses pada 27 November 2019, Dari: https://humas.surabaya.go.id/2019/01/10/kampung-anak-negeri-rumah-anak-jalanan-meraih-prestasi/.
Bungasari, Septa Ayu. Dkk. (2015). Gambaran Sindroma Prahaid Pada Remaja. Jurnal e-Clinic (eCl). Vol. 3 (2), hal 77-82
Bugin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif “Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bungin, Burhan. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dessthania, Riva. (2016). Anak Jalanan Rentan Akan Kekerasan Seksual. Diakses pada 5 November 2021, Dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160516193039-20-131111/anak-jalanan-retan-akan-kekerasan-seksual
Daniel, Moehar. (2002). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Fitrah, Muh. Dkk. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitataif, Tindakan kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak
Jane, Octroaica Cempaka. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat “Mortir” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 2 (2), hal 1-10
Kusrahmadi, Sigit Dwi. (2008). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Untuk Mewujudkan Warga Negara Yang Baik. Jurnal HUMANIKA, hal 1-15
Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Octavia, Erna. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKn Menjadi Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas. Jurnal Pendidikan Sosial.Vol. 4 (1), hal 111-124
Pardede, Yudit O.K. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi. Vol. 1 (2), hal 146-151
Patilima, Hamid. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Jurnal UIN Malang. Vol.1 (1), Hal 1-26
Redaksi Sinar Grafika. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika
Ryadh (2009). Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan Di Kota Bengkulu. (Tesis, Universitas Bengkulu, 2009). Diakses dari http://repository.unib.ac.id/1878/
Saraswati, Sylvia. (2016). Cara Mudah Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis, Disertasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarto. (2015). Pemikiran Aristoteles Tentang Kewarganegaraan Dan Konstitusi. Jurnal Humanika. Vol. 21 (1), hal 56-62
Winarto. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Yanti, Noor. dkk. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik di SMA Kopri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 (11) hal 963-970
Yuniarto, Bambang. 2013. Membangun Kesadaran Warga Negara Dalam Pelestarian Lingkungan. Yogyakarta: CV Budi Utama
PDF Downloads: 348