PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM ORGANISASI PIMPINAN ANAK CABANG IPNU - IPPNU GEGER MADIUN

  • Alviana Munadhirotur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Turhan Yani

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh pengurus Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU  Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dalan penguatan Ideologi Pancasila di oraganisasi IPNU-IPPNU. Teori yang digunakan dalam penelitian ini  Teori penguatan (reinforcement theory) yang dikembangkan oleh B.F.Skinner. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitalif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil informan dari ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU dan anggota Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Geger dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Penguatan Ideologi Pancasila di organisasi IPNU-IPPNU yang dilakukan pengurus Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU  Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yaitu : (1) internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan didalam organisasi PAC IPNU IPPNU yaitu dalam kegiatan seperti khatam Al Qur’an, Sholawat Al-barjanji, Dhiba’, Tahlil, baktisosial, musyawarah rutin, peringatan haribesar nasional dan kegiatan pengkaderan. Dari internalisasi niali telah mampu memunculakan sikap dan perilaku yang sesuai dengan Ideologi Pancasila serta nilai ke-NU-an. Dampak yang diperoleh yaitu (2) sikap dan perilaku yang dimunculkan anggota dapat menjadikan mereka seorang masyarakat yang baik (good citizenship) serta nilai ke-NU-an yang  rahmatan lil'alamiin. Tantangan yang dihadapi yaitu (3) perkembangan digital yang pesat , Pengkaderan yang sulit, serta keikutsertaan anggota yang minim dalam berorganisasi.

References

Faozan, Amin. 2016. Penguatan Ideologi Pancasila dalam PC IPNU Semarang. Semarang : FIS UNNES
Fadilah, Nurul. 2019. Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts Vol. 2, No. 2, September 2019, 66-78
Masrukhi. 2018. Pengembangan Civic Intelligence Berbasis Kegiatan Ekstrakulikuler Di Sekolah Dasar. Semarang: Integralistik No.1/th XXVIIII/2018
Novi Afri Riati, 2020. Upaya Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (Pkpt Ipnu Ippnu) Dalam Pencegahan Radikalisme Di Kampus Iain Jember. Skripsi IAIN Jember
Nandini, Riskyana Tri; Trisiana, Anita & Utami Dina Yati. 2021. Relevansi Ham Dalam Prespektif Hukum Di Indonesia. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn Vol. 08, No. 1, Mei 2021, 40-48
Miles, B. Matthew dan Huberman A. Michael. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press
Kudus Purnomo, 2020, Paranoia kampus usai HTI tercerai-berai, (online). (alinea.id/nasional/paranoia-kampus-pasca-hti-ambyar-b1ZJF9ssf . diakses 25 januari 2022)
Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga IPNU Tahun 2018. (Online). (ipnu.or.id/wp-content/uploads/2019/05/Hasil-Kongres-XIX-1.pdf. diakses 13 April 2022)
Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga IPPNU tahun 2018. (Online). (pelajarnungronggot.or.id/2019/08/download-pd-prt-ippnu-hasil-kongres-ke.html. diakses 15 April 2022)
Raja Inal Siregar, 2017. Strategi dakwah Nahdlatul Ulama dalam Membentengi Warga Nahdliyain Dari Radikalisme. Skripsi Universitas Negeri Sumatra Utara
Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill
Rianti, Novi Afri dan Imron Fauzi. 2021. Upaya Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi IPNU IPPNU Dalam Pencegahan Radikalisme Di Kampus. Jurnal Al-Adabiyah. Vo. 2. No. 1.
Suyahmo, 2012. Pancasila dalam Perspektif Filosofis. Semarang: Widya Karya
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta hal 63-64
Syarbaini, Syahrial. 2010. Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Candi Gerbang Permai. Hal 58
Ubaid, Abdullah. 2015. Nasionalisme dan Islam Nusantara. Jakarta: Buku Kompas hal 03
usarovah,Elyah. 2017. Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Generasi Muda Sebagai Jati Diri Bangsa Yang Sejati. Jakarta : Puskom Publik Kemhan sept-okt vol.68/no.52 hal 7
Wahidin, Kudus purnomo. 2020. Fakta-Fakta Seputar Radikalisme Di Kampus. Alinea.id diakses pada 15/10/21 pukul 14:53 WIB
Published
2024-05-29
How to Cite
Rohmah, A., & Yani, M. (2024). PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM ORGANISASI PIMPINAN ANAK CABANG IPNU - IPPNU GEGER MADIUN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(4), 815 - 831. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n4.p815 - 831
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 0