EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK PAKET B PKBM HOMESCHOOLING PENA SURABAYA

  • Bayu Aji Handoko Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Siswanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap
muka berganti secara daring baik pada lembaga pendidikan formal dan nonformal.
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini
terdiri dari pendidik/tutor kesetetaraan kejar paket B selaku penyelenggara kegiatan
ekstrakurikuler kelas kreatif dan juga kelas memasak, kemudian ada peserta didik
kesetaraan kejar paket B selaku peserta. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan wawaancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukan: (1) pembelajaran daring; (2) pelaksanaan pembelajaran daring pada
ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak; (3) faktor pendukung dan faktor
penghambatan pembelajaran daring pada ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas
memasak; (4) manfaat ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas memasak; dan (5)
efektivitas pembelajaran daring pada ekstrakurikuler kelas kreatif dan kelas
memasak.

Published
2021-07-29