PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB MOJOKERTO MASA PENDEMI COVID-19
Abstract
Fokus penelitian mengacu pada proses perencanaan penerapan media pembelajaran daring, pelaksanaan penerapan media pembelajaran daring, dan evaluasi penerapan media pembelajaran daring serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri Kepala UPT SKB sekaligus pamong belajar kesetaraan paket C, tutor kesetaraan paket C, dan warga belajar kesetaraan paket C dengan hasil penelitian menggambarkan pengelolaan media pembelajaran daring (1) perencanaan penerapan media pembelajaran daring berpedoman pada Kurikulum 2013 yang mengalami penyesuaian pada penerapan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. (2) pelaksanaan penerapan media pembelajaran daring memanfaatkan teknologi informasi dengan waktu pembelajaran yang fleksibel. (3) evaluasi penerapan media pembelajaran daring dinilai dari segi afektif dan kognitif yang keduanya dilakukan langsung oleh tutor. (4) Faktor pendukung penerapan media pembelajaran daring berasal dari faktor internal yaitu motivasi belajar yang tinggi, kemampuan warga belajar dalam mengoperasikan perangkat media pembelajaran daring dan juga faktor eksternal yang dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. (5) Faktor penghambat penerapan media pembelajaran daring berasal dari faktor internal yaitu gagap teknologi juga faktor eksternal dipengaruhi oleh pekerjaan serta lokasi tempat tinggal sulit mengakses internet.
PDF Downloads: 67