PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KESETARAAN PAKET C DI SKB NEGERI SURABAYA

Authors

  • Risky Imama Azliah Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Siswanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemanfaatan handphone saat ini semakin memudahkan setiap kegiatan dari manusia. Akibat perkembangan inilah tercipta suatu inovasi dan paradigma baru dalam dunia pendidikan salah satu contoh yakni munculnya sebuah media pembelajaran berbasis information communication technologies. Media tersebut merupakan salah satu jawaban dari munculnya berbagai masalah diantaranya yakni kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Kahoot merupakan media berbasis ICT yang dapat meningkatkan motivasi belajar dikelas sehingga terciptanya iklim belajar yang menarik, nyaman dan tentunya tidak pernah membosankan.  Penelitian ini dilakukan di SKB Negeri Surabaya dengan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi dengan bantuan software 2SPSS 26, tujuan yang ingin dicapai yakni mengetahui pengaruh pemanfaat kahoot dikelas. Subjek dalam penelitian ini ialah warga belajar paket c SKB Negeri Surabaya yang berjumlah 51 responden. Hasil penelitian menunjukan pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar siswa di SKB Negeri Surabaya memiliki nilai signifikasi 0.000(<0,05) pada uji regresi yang telah dilakukan dan uji hipotesis parsial menunjukan Thitung 6,600 yang lebih besar dari Ttabel yakni 2,00 (6,600>2,00) kesimpulan dari hasil tersebut yakni H0 ditolak dan H1 diterima yang bermakna terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran kahoot terhadap motivasi peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-13

How to Cite

Azliah, R. I., & Siswanto, H. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KESETARAAN PAKET C DI SKB NEGERI SURABAYA. J+PLUS UNESA, 11(2), 59–66. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/46091
Abstract views: 253 , PDF Downloads: 158

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>