UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MEMBACA ALQUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE IQRA’ DI TPQ MTA SAMBIKEREP SURABAYA

  • Iftitah Entris Nur Kholida Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Yusuf Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kualitas pembelajaran yang ada di TPQ MTA Sambikerep Surabaya terlihat kurang, terutama pada kegiatan membaca Alqur’an melalui penerapan metode iqra’. Tujuan pada  penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran melalui penerapan Metode Iqra di TPQ MTA Sambikerep Surabaya. 2) Menganalisa apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Alquran melalui penerapan Metode Iqra TPQ MTA Sambikerep Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakuakn dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Uji keabsahannya  menggunakan uji kredibilitas, uji debendabilitas, uji konfirmabilitas, dan uji transferabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode iqra dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Alqur’an dapat membawa peningkatan pada kualitas bacaan peserta didik, hal ini ditandai dengan peserta didik banyak yang sudah naik ke tingkat Alqur’an. Faktor pendukung pada pelaksanan peningkatan kualitas pembelajaran membaca Alqur’an melalui penerapan metode iqra’ yaitu, sedangkan faktor penghambatnya yaitu terkadang ada peserta didik yang masuknya hanya sekali dalam seminggu sehingga menghambat dia untuk meningkatkan kualitas bacaannya. Simpulan pada penelitian ini penerapan metode iqra’ dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Alqur’an di TPQ MTA Sambikerep Surabaya.

Published
2022-07-11
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 70