Hubungan Antara Penerapan Project-Based Learning dengan Kreativitas Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di MI Muhammadiyah 03 Pucakwangi Kecamatan Babat Lamongan

Authors

  • Septina Andriani Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Hizbul Wathan, yang berjumlah 34 peserta didik dari kelas 5 dan 6. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling, yaitu seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur penerapan PJBL dan tingkat kreativitas peserta didik. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara penerapan metode PJBL dengan tingkat kreativitas peserta didik. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r = 0.830 dengan signifikansi p-value = 0.000 (<0.01), yang menunjukkan bahwa semakin efektif penerapan PJBL, semakin tinggi kreativitas peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis proyek mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam, meningkatkan kreativitasberpikir kreatif, serta mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam mengeksplorasi ide-ide baru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Andriani, S., & Rivo Nugroho. (2025). Hubungan Antara Penerapan Project-Based Learning dengan Kreativitas Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di MI Muhammadiyah 03 Pucakwangi Kecamatan Babat Lamongan. J+PLUS UNESA, 14(1), 198–205. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/67424
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 14