Implementasi Media Diorama Untuk Meningkatkan Literasi Anak Umur 9 -15 Tahun di Yayasan Al Ummah Taman Sidoarjo

Authors

  • Hana Yuriswandha Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media diorama dalam meningkatkan literasi anak usia 9–15 tahun di Yayasan Al Ummah Taman Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama dapat meningkatkan minat baca dan pemahaman anak terhadap isi bacaan melalui pendekatan visual dan interaktif. Terdapat tiga indikator utama dalam implementasinya, dengan literasi membaca dan berpikir kritis sebagai aspek yang paling dikuasai peserta didik. Faktor pendukung meliputi kreativitas tutor, partisipasi aktif siswa, serta lingkungan belajar yang kondusif. Hambatan yang dihadapi mencakup rendahnya kemampuan literasi menulis, keterbatasan waktu dalam pembuatan diorama, dan jumlah pendamping yang terbatas. Kesimpulannya, media diorama efektif digunakan dalam pembelajaran literasi anak apabila disertai perencanaan yang matang dan dukungan semua pihak. Temuan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan media pembelajaran kreatif di dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Hana Yuriswandha, & Rivo Nugroho. (2025). Implementasi Media Diorama Untuk Meningkatkan Literasi Anak Umur 9 -15 Tahun di Yayasan Al Ummah Taman Sidoarjo. J+PLUS UNESA, 14(1), 236–239. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/67731
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 13