Implementasi Media Diorama Untuk Meningkatkan Literasi Anak Umur 9 -15 Tahun di Yayasan Al Ummah Taman Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media diorama dalam meningkatkan literasi anak usia 9–15 tahun di Yayasan Al Ummah Taman Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama dapat meningkatkan minat baca dan pemahaman anak terhadap isi bacaan melalui pendekatan visual dan interaktif. Terdapat tiga indikator utama dalam implementasinya, dengan literasi membaca dan berpikir kritis sebagai aspek yang paling dikuasai peserta didik. Faktor pendukung meliputi kreativitas tutor, partisipasi aktif siswa, serta lingkungan belajar yang kondusif. Hambatan yang dihadapi mencakup rendahnya kemampuan literasi menulis, keterbatasan waktu dalam pembuatan diorama, dan jumlah pendamping yang terbatas. Kesimpulannya, media diorama efektif digunakan dalam pembelajaran literasi anak apabila disertai perencanaan yang matang dan dukungan semua pihak. Temuan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan media pembelajaran kreatif di dunia pendidikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

