PEMBELAJARAN TARI KREASI MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p423%20-%20437Keywords:
Seni Tari, Project Based LearningAbstract
Seni Budaya di SMA Negeri 1 Kesamben terdapat dua bidang seni yaitu seni rupa dan seni tari. Penelitian ini terfokus pada seni tari sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang mengembangkan minat bakat. Seni tari dapat meningkatkan kreativitas dan meningkatkan rasa cinta terhadap nilai-nilai budaya. Pembelajaran seni tari ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, karena model ini menarik untuk diteliti. Pembelajaran ini menjadikan peserta didik mampu membuat suatu karya dengan bekerja sama. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dan apa saja faktor penghambat serta pendukung pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek peserta didik kelas XII. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni tari kreasi mengggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, juga menggunakan instrumen penelitian yang berupa validitas data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa proses pembelajaran seni tari kreasi menggunakan model Project Based Learning mengikuti beberapa tahap pembelajaran. Peserta didik menjadi lebih mengetahui bermacam bentuk ragam gerak. Hasil penelitian tentang faktor pendukung dan faktor penghambat ditemukan terdapat dua faktor yaitu guru dan peserta didik.
Kata Kunci: Seni Tari, Project Based Learning
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section


