Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Membuat Aneka Lipatan Serbet (Napkin Folding)

Main Article Content

CHOIRUN NISA

Abstract

Abstrak

Pada materi pembelajaran membuat aneka lipatan serbet (Napkin folding) merupakanprogram produktif yang ditetapkan di SMK pada siswa kelas X. Mata pembelajaran ini merupakandasar yang harus dimiliki siswa agar siswa mempunyai ketrampilan untuk memiliki ketrampilan dankreativitas melipat serbet menjadi suatu lipatan yang memiliki estetika. Berdasarkan pengamatan yangtelah dilakukan penggunaan penggunaan media audio visual dikembangkan atas dasar asumsi bahwaperlunya kreativitas dan pemberian materi yang bervariatif oleh guru, dan media yang digunakan padasaat proses belajar mengajar.Jenis penelitian ini adalah pre- experimental designs dengan rancangan penelitian yangdigunakan adalah one – shoot case study. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X jasa boga 3 SMKNegeri 8 Surabaya. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes hasil belajar siswa pada ranahkognitif , psikomotor dan kreativitas siswa, dan lembar angket respon siswa.Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) pada keterlaksanaan peroses pembelajaran pada TahapPendahuluan sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik, pada tahap kegiatan inti sebesar 3,6 dengankategori sangat baik, ada tahap penutup sebesar 3,3 dengan kategori baik, pada tahap pengelolaanpembelajaran sebesar 3,0 dengan kategori baik, Dan pada suasana kelas sebesar 3,7 dengan kategorisangat baik. 2) ketuntasan hasil belajar dengan kriteria ketuntasan individu ≥ 75 dan jika minimal85% seluruh siswa dikelas mencapai skor ≥ 75 maka ketuntasan klasikal dengan menggunakan mediaaudio visual (video napkin folding) pada materi pembelajaran membuat aneka lipatan serbet (napkinfolding) telah berhasil dicapaipada hasil belajar pada ranah kognitif yakni dari aspek teori dan ranahpsikomotor atau penilaian pada praktek menunjukkan 100% siswa x jasa boga 3 dikatakan “tuntas”. 3)data hasil pengamatan kreativitas siswa yang diperoleh dari memutar video napkin folding diperolehrata-rata hasil kreativitas siswa sebesar siswa sebesar 80% atau 28 siswa dapat dikatakan tuntasdengan kategori baik, dan 20% atau 7 siswa yang dikatakan tidak tuntas pada saat praktek. 4) padaangket respon siswa diperoleh prosentase sebesar 98,57% dengan kategori Sangat Baik.

Kata Kunci: media audio visual, kreativitas, aneka lipatan serbet (napkin folding).

Abstract

On learning materials create different napkin Folding is a program established in vocationalproductive in class X. Eye learning is fundamental to possess the skills of students so that studentshave the skills and creativity to fold a napkin into a crease that has the aesthetics. Based on theobservations that have been made use audiovisual media use were developed on the assumption thatthe need for creativity and delivery of materials varied by the teacher, and the media used during thelearning process.This research is pre-experimental designs with research design used is one - shoot case study.the research subjects are students of class X catering 3 SMK Negeri 8 Surabaya. Methods of datacollection through observation, Tests student learning outcomes in the cognitive, psychomotor andcreativity of students, and questionnaire responses of students. Teknik sheets of data analysis isdescriptive quantitative analysis.The results showed: 1) the learning peroses on stage introduction by 3.5 by categories good,In phase core activities of 3.6 with the category good, In phase closing of 3.3 with good category, thestage management learning of 3.0 with good category, and the atmosphere of 3.7 with the categoryclass excellent. 2) mastery of learning outcomes with individual mastery criteria ≥ 75 and if at least85% of all students in the class achieved a score of ≥ 75 then the classical completeness by usingaudio-visual media video napkin folding on learning materials create different napkin folding has beene-journal boga. Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013, edisi yudisium periode Februari 2013, Hal. 29 - 3230achieved in the results study on the cognitive aspects of theory and psychomotor domains orassessment practice showed 100% of students catering X 3 it says "Completed". 3) data observationsstudents creativity gained from playing video napkin folding obtained an average result of thecreativity of students by students at 80% or 28 students can be said to be Completed by eithercategory, and 20% or 7 students are saying no completed during practice. 4) the students'questionnaire responses obtained with a percentage of 98.57% very good category.

Keywords: the audio visual media creativity, miscellaneous napkin folding.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

CHOIRUN NISA

culinery industry