PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KESELAMATAN, KESEHATAN, KEAMANAN KERJA (K3) DAN HIGIENE SANITASI DI SMK NEGERI 6 SURABAYA

Main Article Content

ROSITA RAHMI FUROIDA

Abstract

Abstrak

Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3) adalah suatu ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan pembelajaran K3 di SMK Negeri 6 Surabaya adalah membekali siswa untuk dapat memahami dan mengetahui betapa pentingnya unsur keselamatan, kesehatan dan keamanan dalam melakukan suatu kegiatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada saat menggunakan model pelajaran berbasis masalah dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) yang diterapkan pada mata pelajaran Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja (K3) dan Higiene Sanitasi. Subjek pelaku tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru pembimbing mata pelajaran K3 di kelas X Jasa Boga 2 SMKN 6 Surabaya, sedangkan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X Jasa Boga 2 SMKN 6 Surabaya yang berjumlah 36 peserta didik. Istrumen penelitian ini terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru untuk mengetahui keterlaksanaan rencana pembelajaran yang telah disusun oleh guru sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, lembar pengamatan aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, lembar hasil belajar digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi K3 dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem based instruction), lembar respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses belajar mengajar menggunakan perangkat pembelajaran (handout, LKS, Studi kasus, dan media video). Pada perangkat pembelajaran problem based instruction (PBI) ini divalidasi oleh 4 validator ahli yang terdiri dari 3 dosen tata boga dan 1 guru bidang studi jasa boga SMK. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data kualitatif untuk hasil pengamatan aktivitas guru, analisis data deskriptif untuk hasil pengamatan aktivitas siswa, hasil belajar menggunakan acuan kategori, sedangkan respon siswa menggunakan analisis data deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kinerja guru dalam mengelola pembelajaran pada kegiatan pendahuluan memperoleh skor rata-rata 4,33, kegiatan inti memperoleh skor rata-rata 4,57, dan penutup memperoleh skor rata-rata 4,5. Persentase keterampilan guru dari kelima aspek tersebut semua telah mencapai indikator keberhasilan bertanya atau menjawab sebesar 86,11%, peserta didik yang berpendapat/sikap dalam diskusi 81,25%, sikap peserta didik dalam memecahkan masalah 73,61%, peserta didik dalam mengungkapkan ide untuk memecahkan masalah 71,53% sikap peserta didik dalam bekerja sama dalam kelompok 70,83%. Ketuntasan hasil belajar kognitif yang mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa 141,77 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,3% pada kriteria sangat baik (berada pada rentang 85% < % skor < 100%).Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja (K3) dan Higiene Sanitasi, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Safety, Health, and Safety Work (K3) is a science and its application in an effort to prevent possible accidents and occupational diseases. Learning objectives K3 at SMK 6 Surabaya is to supplied students to understand and know how important the element of safety, health and safety work in performing an activity. The purpose of this study is to determine the application of problem-based learning on student learning outcomes when using a model of problem-based learning and student's response to the learning tools used.This research is a classroom action research (CAR), with the application of problem-based learning model of instruction (PBI) is applied to the subjects of Safety, Health, Safety Work (K3) Sanitation and Hygiene. The subject of the perpetrator is researcher aided by a tutor K3 subjects in class X Jasa Boga 2 SMKN 6 Surabaya, while the subject receiving the action is class X Jasa Boga Surabaya 2 SMKNPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata PelajaranKeselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja (K3) Dan Higiene Sanitasi Di Smk Negeri 6 Surabaya756 totaling 36 learners. Research istrument consisted of observations of the teacher activity sheet to know the existing lesson plans prepared by teachers prior to teaching and learning activities in the classroom, observation of student activity sheets to determine the activity of students during the learning process progresses, sheets learning outcomes are used to determine the level of student understanding the material K3 with application of learning models based problems (problem-based instruction), student response sheet used to determine students' response to the learning process using learning tools (handouts, worksheets, case studies, and video media). In the problem-based learning instruction (PBI) is validated by 4 validator experts comprising of 3 cookery lecturer and 1 food service teachers. The analysis technique date used in this study for the analysis of qualitative data in the form of observations of teacher activity, descriptive data analysis for observation of student activity, learning outcomes using the reference category, while student responses using descriptive data analysisThe results showed that the performance of teachers in managing the activities of a preliminary study to obtain an average score of 4.33, core activities obtained an average score of 4.57, and the closing scored an average of 4.5. Percentage of teacher skills all five of these have achieved success indicators ask or answer by 86.11%, the students who thought / discussion 81.25% attitude, the attitude of the students in solving problems 73.61% of learners in expressing ideas to solve the problem of 71.53% in the attitude of students work together in groups 70.83%. Mastery of cognitive learning outcomes have increased the average value of student learning outcomes 141.77 with mastery learning classical criteria of 90.3% in very good (were in the range 85% <% score <100%)Keywords : Problem Based Learning Model Instruction (PBI), Safety, Health, Safety Work (K3) Sanitation and Hygiene, Student Results

Article Details

Section
Articles