HUBUNGAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BANJARTANGGUL DESA BANJARTANGGUL KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

Main Article Content

NINING LIA AGUSTIN

Abstract

Abstrak 


 


Pola makan merupakan suatu cara untuk mengkonsumsi serta mengatur porsi makan yang dapat memberikan gambaran makanan yang dimakan oleh masyarakat yang meliputi jumlah makanan, jenis makanan serta frekuensi makanan. Konsumsi makanan selayaknya disesuaikan dengan kondisi seseorang yakni terjaganya kuantitas dan kualitas hidangan. Untuk menunjang aktivitas siswa diperlukan asupan yang cukup dan berkulitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan pola makan siswa dengan hasil belajar siswa; 2) mengetahui hubungan aktivitas dengan hasil belajar siswa; 3) hubungan pola makan siswa dan aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa.


Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, merupakan cara untuk mengetahui hubungan antara variabel yakni variabel bebas (pola makan dan aktivitas) dan variabel terikat (hasil belajar). Penelitian ini dilakukan di SDN Banjartanggul pada bulan Januari 2014-Januari 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Banjartanggul dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5. Metode pengumpulan data meliputi  observasi, wawancara dan dokumentasi. Data  pola makan dikumpulkan dengan menggunakan food recall 2x24 jam, akan tetapi jenis pangan dapat dilihat dari sumber pangan yang dikonsumsi dan jumlah pangan dapat terlihat dari frekuensi konsumsi. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh dengan metode dokumentasi.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pola makan dan aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa. Hubungan antara pola makan dengan hasil belajar siswa mencapai 49,5%; hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa hanya mencapai 59,5%; hubungan pola makan dengan hasil belajar siswa hanya mencapai 53%.


Kata Kunci : Pola makan, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar


.


 


Abstract


 


Feeding pattern is a manner of consume and adjust food portion which able to giving description of food were eaten by people including amount of food, kind of food, and feeding frequency. Food consumption better adapted with personal condition to maintain quantity and quality of food. In order to support student activity, the sufficient and quality food is required. The aims of this research are to know 1) the relation of student feeding pattern with student learning achievement; 2) the relation of student activity with student learning achievement; 3) the relation of student feeding patterns and student activity toward student learning achievement.


Type of this research is correlational research, is a way to know the correlation between independent variables (feeding pattern and activity) with dependent variable (learning achievement). This research conducted in SDN Banjartanggul along June 2014 – January 2015. The population of this research is all students in SDN Banjartanggul and samples of this research are grader 5. Data collecting methods includes observation, interview, and documentation. Data of feeding patterns collected by using food recall 2 x 24 hours, however food variety looked from food resource were consumed and amount of food looked from feeding frequency. Data of student activity collected with observation method and data of student learning achievement obtained by documentation.


This research concluded that there are no correlation of feeding patterns and student activity toward student learning achievement. The correlation between feeding patterns with student learning achievement achieved 49.5%; correlation of student activity with student learning achievement only achieved 59.5%; correlation of feeding pattern and student activity toward student learning achievement achieved 53%.


 


Keywords: feeding patterns, student activity, learning achievement

Article Details

Section
Articles