SIKAP KONSUMEN TERHADAP KONDISI HIGIENE SANITASI PENJUALAN MAKANAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) TRISULA TAMAN BUNGKUL SURABAYA

Main Article Content

VIDYA ASWATUN HASANAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi higiene sanitasi penjualan makanan, jenis makanan yang dipilih, dan sikap konsumen dalam memilih tempat makan sesuai dengan kondisi higiene sanitasi penjualan makanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah penjamah makanan dan konsumen yang menikmati makanan di PKL Trisula Taman Bungkul Surabaya masing-masing sebanyak 50 responden. Metode penelitian data adalah dengan wawancara, observasi, dan kuisioner yang dianalisis melalui analisis diskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan data ini kemudian dideskripsikan menggunakan presentase (%). Berdasarkan hasil analisis, kondisi higiene sanitasi penjualan makanan PKL Trisula Taman Bungkul Surabaya dalam menerapkan higiene terlaksana dengan baik sebanyak 72% dan dalam keadaan kurang baik sebanyak 28%, sedangkan dalam menerapkan sanitasi lingkungan sebanyak 28% dalam kondisi baik, sebanyak 48% dalam kondisi cukup baik, dan 24% dalam kondisi kurang baik. Data tersebut menunjukkan bahwasanya kondisi sanitasi lingkungan dalam kondisi cukup baik yaitu sebanyak 48%. Jenis makanan yang dipilih konsumen didasarkan karena sesuai dengan selera dari segi harga, porsi, dan citarasa masakannya. Selain itu karena tempatnya yang dekat dengan tempat kerja mereka dan merupakan tempat favorit untuk menikmati makanan. Sikap konsumen dalam memilih tempat makan, menunjukkan sebanyak 56% peduli terhadap kondisi higiene sanitasi penjualan makanan dan 44% tidak mempedulikan kondisi higiene sanitasi penjualan makanan sehingga perlu diadakan pengawasan untuk menggugah kemauan penjamah dan kesadaran konsumen dalam menerapkan higiene sanitasi yang dapat dilakukan melalui edukasi diantaranya dengan cara penyebaran brosur tentang pentingnya makanan sehat untuk kesehatan tubuh.

Kata kunci: Konsumen, Higiene, Sanitasi, dan PKL

Abstract

This study aims to determine the hygiene sanitary condition of the sale of food, type of food, and consumer attitudes in choosing a place to eat in accordance with the hygiene sanitation conditions of sale of food hygiene sanitation. This research is a qualitative descriptive study. Subjects were food handlers and consumers who enjoy food at PKL Bungkul Park Surabaya and each 50 respondents. The method of collecting data is by interview, observation, and questionnaires were analyzed through a qualitative descriptive analysis. The results of the data collection are then described using percentages (%). Based on the analysis, hygiene sanitary conditions of food vendors selling (PKL) Trisula Bungkul Park Surabaya in applying hygiene in terms of health, of good as much as 72% and in poor condition as much as 28%, whereas in implementing the terms of sanitation as 28% in good condition, as much as 48% in fairly good condition, and 24% in poor condition. The data indicate that environmental sanitation conditions in fairly good condition as many as 48%. Kind of food is selected consumers based on to their taste in terms of price, portion, and taste of food. Moreover, the place that is close to their place of work and is a favorite place to enjoy a meal. The attitude of consumers in choosing where to eat, show as much as 56% concerned about sanitary hygiene conditions of food sales and 44% do not care about the sale of food hygiene sanitation conditions that need to be held to inspire the willingness of food handlers oversight and consumer awareness in implementing sanitation hygiene to do with education such as by distributing brochures about the importance of healthy food for a healthy body.

Keywords: Consumer, hygiene, sanitation, and vendors selling (PKL)

Article Details

Section
Articles