Hubungan Antara Tingkat Kinerja Karyawan dengan Kualitas Produk Makanan Buffet di Hotel Purnama Batu

Main Article Content

ILA Huda HUDA PUSPITA D

Abstract

Abstrak

Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun makin bertambah. Pertumbuhan penduduk yang kian bertambah ini tentunya akan meningkatkan kebutuhan pokok penduduk terutama kebutuhan akan makanan dan minuman. Kebutuhan makanan ini menciptakan peluang usaha bagi para pelaku usaha makanan dan minuman dalam pemenuhan kebutuhan makanan masyarakat. Para pelaku bisnis melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan sehingga konsumen tidak berpindah pada produk yang ditawarkan pesaing. Kualitas produk merupakan tolak ukur baik atau tidaknya suatu produk pada suatu unit usaha. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, suatu unit usaha harus mampu memproduksi dalam jumlah banyak dengan kualitas produk yang terbaik. Produk makanan yang berkualitas dapat tercipta manakala dikerjakan oleh karyawan yang berkinerja baik. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya pengetahuan, sikap dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing karyawan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kinerja karyawan dengan kualitas produk makanan prasmanan di Hotel Purnama Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal. Subyek penelitian adalah karyawan pengolahan makanan Hotel Purnama Batu oleh 31 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha, uji validitas dengan membandingkan koefisien korelasi (r) dengan rtabel sesuai dengan derajat kebebasan dengan tingkat signifikansi 5% (0,05), uji normalitas dengan Kolmogrov-Smirnov dan uji hipotesis dengan koefisien kontingensi (C).Berdasarkan hasil menunjukkan kinerja karyawan di Hotel Purnama baik. Dibuktikan hal dari hasil analisis data sebagai Sig Approx nilai keseluruhan. (0,004) <α (0,05), rhitung > rtabel dengan α = (0,05)> signifikansi 0,000. H0 ditolak, dengan demikian ada pengaruh hubungan signifikan antara variabel kinerja karyawan dengan kualitas produk makanan buffet di Hotel Purnama Batu dengan koefisien kontingensi sebesar 0.456.Kata Kunci: Pengetahuan, sikap, kemampuan dan kualitas produk makanan buffet.

Abstract

The population of Indonesia from year to year more and more. A growing population growth will raise the basic needs, especially the need for food and drink. The need for food is creating business opportunities for entrepreneurs in the food and beverage community food needs. Business people doing a variety to attract consumers to want to buy the products offered so that consumers do not switch on the products offered by competitors. Product quality is a measure of whether or not a product to a business unit. To market needs, a business unit must be capable of producing large quantities of top quality products. Quality food products can be created when done by employees who perform well. Employee's performance is affected by many factors such as knowledge, attitudes and skills possessed by each employee.This study aimed to determine the relationship between levels of employee performance with the quality of food products buffet at Hotel Purnama Batu. This research is a quantitative causal. Subjects were employees of food processing Hotel Purnama Batu by 31 respondents. Data collection method applied is interviews, observation and enquette. Data analysis applies reliability test with Cronbach Alpha, validity test by comparing correlation coefficient (r) with rtabel as according to degree of freedom with level signifikansi 5% (0,05), normality test with Kolmogrov- Smirnov and hypothesis test with coefficient of contingency (C).Based on these results shows employees performance in Hotel Purnama is good. Provable the thing from result of data analysis as a whole value Approx Sig. (0,004) < α (0,05), rarithmatic > rtable with α=(0,05) > signifikansi 0,000. H0 is refused, thus there influence signifikan relationship between the variables ofEjournal boga. Volume 2, nomor 1, tahun 2013, edisi yudisium periode Februari 2013, hal. 226 - 233227employee performance with quality food products buffet in Hotel Purnama Batu with a contingency coefficient of 0.456.Keyword : Knowledge, attitude, ability and quality of food product

Article Details

Section
Articles