KINERJA GURU MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL TATA BOGA PADA SMP DI KABUPATEN LAMONGAN

Main Article Content

MAFAZZA NURWAHYU MASKURI PUTRI

Abstract

Abstrak


Kinerja guru mata pelajaran muatan lokal tata boga di Kabupaten Lamongan sudah cukup bagus, karena sudah menjalankan tugas sebagai seorang guru dengan baik dan melaksanakan kewajiban sebagai seorang pendidik yang bertujuan mencerdaskan bangsa serta memajukan pendidikan suatu bangsa. Perlu adanya penyaringan agar memperoleh guru yang menguasai bidangnya. Kemajuan pendidikan pada suatu bangsa sangat bergantung pada kinerja dari guru sebagai seorang pengajar, karena guru merupakan garda terdepan sekaligus penentu keberhasilan pendidikan suatu bangsa.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, serta siswa. Pengumpulan data menggunakan 3 teknik: 1) kuesioner, 2) wawancara, 3) observasi. Data diperoleh dari pebagian kuesioner kepada kepala sekolah, guru, serta siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktifitas guru di dalam kelas, sedangkan lembar wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari guru mata pelajaran tata boga. Penggunaan tringulasi juga digunakan untuk memperoleh keabsahan data hasil penelitian.


                Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di Kabupaten Lamongan sudah menunjukkan angka yang baik, dan sudah menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik dengan baik. Pada tahap merencanakan guru memperoleh persentase sebesar 53%, teman sejawat memperoleh persentase sebesar 74%, serta observasi sebesar 100%, untuk tahap melaksanakan pembelajaran siswa memperoleh persentase sebesar 58%, guru sebesar 85%, teman sejawat 74%, serta observasi sebesar 91%. Tahap menilai proses pembelajaran persentase terbesar siswa memperoleh 61%, guru memperoleh persentase sebesar 71%,teman sejawat memperoleh persentase sebesar 77%, serta obervasi sebesar 100%. Tahap melatih dan membimbing siswa memperoleh persentase sebesar 62%, guru memperoleh persentase sebesar 79%, teman sejawat memperoleh persentase sebesar 71%, serta observasi sebesar 75%. Penilaian kinerja oleh teman sejawat menunjukkan bahwa guru mata pelajaran muatan lokal tata boga sudah menjalankan tugasnya dengan baik terkait dengan pembuatan perangkat mengajar, pelaksanaan pembelajaran, serta pengevaluasian hasil belajar siswa. Penilaian kepala sekolah juga menunjukkan bahwa guru mata pelajaran muatan lokal tata boga sudah melaksanakan kegiatan pemebelajaran  mencakup 4 kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru. Disarankan guru mata pelajaran muatan lokal tata boga tetap mengadakan pertemuan forum MGMP untuk menjaga forum tetap efektif dan tetap menjaga kinerja guru yang sudah semakin baik serta mengalami kemajuan.


Kata kunci:  Kinerja Guru, Sekolah, Tata Boga


Abstract


Teacher performance of local content cookery subject in Lamongan is not good enough, because it had stints as a well teacher and obligations as an educator that aims to educate the nations and advance the education of nations. The need for screening in order to obtain teachers who master their fields. The advancement of education in a nation heavily dependent on the performance of the teacher, because the teacher is the frontline and determinant of educational success of a nation.
                    This research method is descriptive qualitative and quantitative descriptive. Sources of data obtained from school principals, teachers, and students. The data collected using three techniques : 1 ) the questionnaire , 2 ) interview , 3 ) observation . Data obtained from questionnaires to principals, teachers, and students. Observation sheet used for observing the activity of the teacher in the classroom, and the questionnaire is used to obtain information from the cookery subject teacher. The use triangulation also be used to obtain the validity of research data.
                    The results from this research showed that the performance of teachers in Lamongan has good percentage, and has been performing well as an educator. At the stage of planning, teachers get a percentage of 53%, the colleagues earn a percentage of 74%, and the observation of 100%, at the stage of implementing the learning, students gain a percentage of 58%, the teacher are 85% , the colleagues of 74%, and the observation of 91%. Assessment stage process of learning the greatest percentage of students obtaining 61%, teachers get percentage of 71%, the colleagues get percentage of 77%, and the observation of 100%. Phase of student exercise and conduct get percentage of 62%, teachers get percentage of 79%, colleagues get percentage of 71%, and observations by 75%. Assessment of performance by colleagues showed that teachers of local content cookery subject already carry out their duties properly related with the manufacture of the teaching, learning implementation, and evaluation of student learning outcomes. Assessment of the principal teacher also suggests that local content of cookery already implementing learning activities includes four competencies that must be owned by the teacher.
The suggestion is teacher of local content culinary subjects held MGMP meetings to maintain effective forum and getting better performance and progress.

Key word: Teacher Performance, School, Cookery

Article Details

Section
Articles