Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Bumbu Dasar dan Turunannya dalam Makanan Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Mojokerto

Main Article Content

HANIATUR ROFIQOH UMAR

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa (kognitif, afektif dan psikomotor) dan respon siswa dalam pembelajaran  dengan model pembelajaran Problem Based Learning  pada materi bumbu dasar dan turunannya pada makanan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimen dengan desain “Control-Group Pretest-Posttest”yang diterapkan  pada siswa kelas X Jasa Boga-I  dan X Jasa Boga-2 SMK N 2 Mojokerto. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode test dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan uji t-statistik dan persentase.  


Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1)Keterlaksanaan pengelolahan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berlangsung secara efektif, hal ini terlihat dari nilai rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran langsung yaitu 3.30 (baik) dan model pembelajaran PBL yaitu 3.39 (baik). (2)Hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada pembelajaran PBL di SMK Negeri 2 Mojokerto lebih baik dari pada kelas kontrol. Ditunjukkan dengan hasil uji rerata hasil belajar kognitif dan psikomotorik yang signifikan, hasil belajar afektif pembelajaran PBL lebih baik dari pada pembelajaran langsung. (3)Respon siswa terhadap proses pembelajaran baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol adalah positif dengan nilai rata-rata secara keseluruhan pada kelas eksperimen 96.66% dan kelas kontrol 96.16% dengan kriteria yang sangat layak.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Bumbu Dasar dan Turunannya dalam Makanan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga di SMK N 2 Mojokerto.


 


Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa,


Bumbu Dasar dan Turunannya Pada Makanan Indonesia


Abstract


 This study aimed to describe student learning outcomes (cognitive, affective and psychomotor) and the students response in learning with Problem Based Learning model on basic seasoning and derivatives on Indonesian food. This study is a pre-experimental with "Control-group pretest-posttest" design applied to Cookery class X-I and Cookery class X-2 SMK N 2 Mojokerto. Data collection techniques used observation method, test method and questionnaire method. Data analyzed used t-test statistics and percentages.


The results of data analysis showed (1) Realization of management direct instructional model and Problem Based Learning (PBL) model was effective, as seen from the average value realization of direct instructional model was 3.30 (good) and PBL model was 3:39 (good). (2) The results of student learning includes cognitive, affective and psychomotor on PBL learning in SMK Negeri 2 Mojokerto better than the control class. Indicated by mean oftest learningresults cognitive and psychomotorwere significant, affective PBLlearning result was better than direct instructional. (3) The students response to the learning process both in the experimental class and control class were positive with an overall average of 96.66% in the experimental class and control class 96.16% with  very profer criteria.


Based on the results of this study concluded application of learning models Problem Based Learning affect in basic seasoning materials and derivatives in Indonesia food to the results of class X student cookery learning  in SMK N 2 Mojokerto.


 


Keywords: Problem Based Learning Learning Type, Student Results, Basic Seasoning Materials And Derivatives In Indonesia Food.

Article Details

Section
Articles