PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU HIGIENE PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Main Article Content

SELLA MONICA A

Abstract

 


ABSTRAK


Menurut Notoatmodjo (2010), perilaku kesehatan ditentukan oleh 3 faktor utama, yaitu : faktor predisposisi (pengetahuan, sikap, kepercayaan, nilai-nilai, tradisi, dan lain-lain), faktor pemungkin, dan faktor pedukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, perilaku penjamah makan, pengaruh pengetahuan terhadap perilaku higienis penjamah makanan, pengaruh sikap terhadap perilaku higienis penjamah makanan di Kantin SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.


                Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data yang digunakan dengan metode tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah penjamah makanan di Kantin SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan jumlah 20 penjamah makanan. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square. Tingkat pengetahuan penjamah makanan di Kantin SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan nilai yang dicapai yaitu 54,25 untuk sikap penjamah makanan menunjukkan nilai yang dicapai yaitu 3,3 untuk perilaku penjamah makanan menujukan nilai yang dicapai 63, untuk pengaruh pengetahuan terhadap perilaku higienis penjamah makanan menunjukkan nilai 0,043 dan untuk pengaruh sikap terhadap perilaku higiene penjamah makanan menunjukkan nilai 0,524.


                Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku higienis penjamah makanan di Kantin SMA Muhammadiyah 2 Surabaya terdapat pengaruh positif antara pengetahuan terhadap perilaku higienis, pengetahuan tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal sja tetapi juga dapat diperoleh dari pendidikan non formal, sedangkan untuk sikap tidak memberikan pengaruh terhadap perilaku higienis karena sikap merupakan bentuk respon dari suatu stimulus, dimana sikap manusia akan menggerakkan untuk bertindak atau berbuat dalam suatu kegiatan dimana dipelukan adanya niat yang dapat membentuk perilaku seseorang dalam situasi atau kondisi di lingkungan sekitarnya.


                Respon setiap orang tidak sama karena memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan sikap meliputi pengalaman pribadi, kebudayaan, orang yang dianggap penting dan media masa, faktor tersebut dapat memberikan stimulus yang sama akan tetapi belum tentu memunculkan sikap yang sama sehingga perilaku yang ditampilkan juga bisa tidak sama, sehingga sikap tidak selalu berpengaruh terhadap perilaku yang ditampilkan, karena sikap memiliki komponen yang kompleks menyangkut kepribadian personal, lingkungan, sosial ekonomi, ras, jenis kelamin, pendidikan dan keturunan.


 


Kata kunci : Pengetahuan, sikap, perilaku, penjamah makanan, higienis

Article Details

Section
Articles