FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYAN MAKANAN (KASUS DI RUMAH SAKIT ANGKATAN DARAT BRAWIJAYA, SURABAYA)

Main Article Content

REZA ESFANDIARI

Abstract

Abstrak


Kepuasan pasien merupakan suatu ukuran mutu pelayanan Untuk rumah sakit. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap  jumlah kunjungan di rumah sakit.  Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelayanan makanan kepada pasien di rumah sakit angkatan darat brawijaya surabaya: 2) mengidentifikasi faktor-fakor mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan makan di rumah sakit angkatan darat brawijaya surabaya.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Darat Brawijaya Surabaya pada bulan Oktober 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap yang ada di Rumah Sakit Angkatan Darat Brawijaya, Surabaya dengan kriteria berusia lebih dari 17 tahun, sedang dirawat minimal 2 hari dan masih dalam keadaan sadar dengan jumlah 50 pasien. Jenis data primer meliputi kebiasaan makan (konsumsi makanan pokok, konsumsi makanan ringan); citarasa makanan (variasi menu, aroma makanan, temperatur makanan,penyajian makanan, porsi makanna, fasilitas makan); kinerja petugas (penampilan, kepedulian, kehandalan) dan kepuasan pasien diperoleh dengan menggunakan kuisioner; dan data sekunder merupakan data yang menunjukkan standart pelayanan makanan di Rumah Sakit Angkatan Darat Brawijya, Surabaya. Analisa data untuk menegtahui gambaran umum lokasi penelitian dan responden, tingkat kepuasan pasien pada pelayanan makanan yang diberikan.  Hasil penelitian menunjukka bahwa 1) terjadi pengaruh setiap variabel bebas kepada kepuasan pasien, 2) variabel yang memiliki pengaruh signifikan adalah kebiasaan makan, citarasa makanan dan kinerja petugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelayanan makanan yang berkualitas mempengaruhi kepuasaan pasien.


Kata kunci : kepuasan pasien, pelayanan makanan, Rumah Sakit


Abstract 


Patients satisfaction is a measuring of service quality for hospitals. Patient satisfaction is low will have an impact on the number of visits to hospital. This study aims to 1) determine kepadapasien food service at the army hospital brawijaya Surabaya: 2) identify fakor factors influencing patient satisfaction with hospital meal service in the army brawijaya Surabaya. This type of research is quantitative descriptive cross sectional study, conducted at the Army Hospital Brawijaya Surabaya in October 2016. The study population Problem entire inpatients in the Army Hospital Brawijaya, Surabaya with the criteria of age over 17 years , is being treated at least 2 days and was still conscious by the number of 50 patients. Primary data types include the eating habits (consumption of staple foods, consumption of snacks); the taste of food (menu variations, the smell of food, the temperature of the food, food preparation, serving makanna, dining facilities); performance officer (appearance, caring, reliability) and patient satisfaction is obtained by using a questionnaire; and secondary data is data that shows the standard of food service in the Army Hospital Brawijya, Surabaya. Analysis of data for public gmbaran menegtahui research sites and respondents, the level of patient satisfaction on food service diiberikan. Menunjukka research results that 1) occur the effects of each independent variable to the satisfaction of the patient, 2) variable that has a significant influence eating habits, taste the food and staff performance. This study concluded that a quality food service affects patient satisfaction.


Keyword : patient satisfacion, food service, hospital

Article Details

Section
Articles